Berkunjung ke Aceh, Kedutaan Inggris Pastikan Serambi Mekkah Kondusif

Political Officer British Embassy Ramon Yudistiro Sevilla (Taufan Mustafa/aceHtrend)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh-Political Officer Kedutaan Inggris untuk Indonesia, Ramon Yudistiro Sevilla, berkunjung ke DPRA, Selasa (22/1/2019) dan bertemu dengan Komisi I. Pada kesempatan itu, Ramon mendapatkan banyak informasi terkait perkembangan Aceh setelah damai. Khususnya jelang Pilpres dan Pileg 2019.

Kepada wartawan usai pertemuan dengan Komisi I DPRA, Ramon menjelaskan tujuan utama Kedutaan Inggris berkunjung ke Aceh adalah untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan keamanan jelang pemilu serentak Indonesia.

Menurut Ramon, di mata Pemerintah Inggris (Kedutaan-red) Aceh sangatlah spesial. Untuk itu pihaknya perlu mendapatkan banyak informasi tentang Aceh jelang pemilihan umum. Apalagi, rakyat Aceh memiliki minat yang cukup besar terlibat dalam pemilihan Presiden RI pada 2019.

“Tujuan kami ingin melihat dan memahami proses politik di Aceh jelang pemilihan umum. Bagaimana perkembangan pemilunya, apalagi ini merupakan pemilu terkompleks di seluruh dunia,” kata Ramon Yudhistiro.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan apresiasi kepada Komisi I DPRA yang telah menyambut mereka dengan baik. Pihaknya pun menyambut baik sekiranya pihak DPRA melakukan kunjungan kerja ke Inggris.

“Di sana nanti kita akan bicarakan tentang apa yang bisa dilakukan untuk Aceh dan juga untuk masa depan Indonesia dan Inggris,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRA Azhari, dalam kesempatan yang sama mengatakan kunjungan pihak Kedutaan Inggris merupakan kehormatan bagi Aceh. Bersama Inggris pihaknya telah membahas banyak hal tentang keistimewaan dan kekhususan Aceh. Termasuk adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh.

Hal lainnya Azhari juga mengatakan pihak Kedutaan Inggris juga menanyakan tentang keamanan Aceh jelang pemilihan umum. Untuk itu, pihaknya mengatakan bahwa kondisi keamanan di Aceh sangat kondusif. Walau ketertarikan rakyat Aceh terhadap Pilpres 2019 sangat tinggi, tapi tidak ada hal-hal yang mencoreng keamanan di sini.

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK