Ribuan Jamaah Hadiri Haul Abuya Tengku Syekh H Zamzami Syam

ACEHTREND.COM, SINGKIL–Ribuan jamaah termasuk santri/santriwati dari berbagai pondok pesantren di Aceh Singkil, Selasa (22/1/2019) mengikuti tausyiah agama dan rateb seribe dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1440 H dan Haul Abuya Tengku Syekh H Zamzami Syam.

Dalam acara tersebut tampil menyampaikan tausyiah agama Tengku Arrazi Imsal dari Ponpes Darul Ilham, Labuhan Haji, Aceh Selatan.

Sedangkan rateb seribe dipimpin Ustaz Isnin, Wali Nanggroe MPTT-I Aceh Singkil dan  doa dipimpin ulama sepuh Aceh Singkil Tgk Abdussalam AK.

Dalam kesempatan itu, dibacakan pula makalah yang ditulis Abuya Syekh H Amran Wali Al-Khalidy, Ketua MPTT Asia Tenggara juga ulama kharismatik Aceh.

Acara yang digelar di Komplek Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil itu, di samping dihadiri Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dan jajarannya.

Juga, hadir Abu Muda Irsyadul Fikri, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil, Ustaz Junaidi Pimpinan Ponpes Darul Irsyad, Suka Damai.

Tak ketinggalan pula hadir Ustaz Mursal, Pimpinan Dayah Darul ‘Ulum, Pulo Sarok,  dan Ustaz Khalidin Pimp. Ponpes Darut Ta’dib, Singkil Utara, Udraz Hambali dari FPI, rombongan dari Labuhan Haji, dan para undangan lainnya.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dalam sambutannya mengatakan, Abuya Tengku Syekh H Zamzami Syam adalah sosok tokoh ulama Aceh Singkil.

Karena ketokohannya agaknya akhlak dan sikapnya serta perjuangannya dalam memajukan umat Islam, patut dikenang dan teladani.

“Ia tanpa pernah lelah dan berkeluh-kesah. Bahkan, hingga lanjut usia selalu berdakwah dan mendidik umat dan santrinya,” ungkap bupati.

Karena itu, tambah Dulmusrid, ajaran-ajaran Islam yang telah disampaikan hendaknya, kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai pimpinan daerah, bupati mengajak warga pesantren, para ulama, dan elemen masyarakat lainnya agar selalu bekerja sama dengan pemerintah untuk memajukan pendidikan, dakwah, dan menepis perbuatan-perbuatan mungkar di Aceh Singkil.

“Saya yakin, kehadiran pesantren dengan santrinya akan dapat menepis perbuatan yang tidak benar di masyarakat,” tukas bupati.

Sejatinya peringatan Maulid dan Haul Abuya Tengku Syekh H Zamzami Syam itu dihadiri oleh Abuya Amran Waly Pimpinan Majelis Tauhid Tasawuf Asia Tenggara.

Namun karena sesuatu hal, Abuya Amran Waly, belum bisa hadir sehingga tausyiah agama disampaikan murid beliau Tengku Arrazi Imsal dari Ponpes Darul Ilham, Labuhan Haji, Aceh Selatan.[]

KOMENTAR FACEBOOK