Menantu Jokowi: Bapak Pernah Menguji Saya untuk Jadi Imam Shalat

Bobby Nasution, menantu Jokowi (Muhajir Juli/aceHTrend)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Bobby Nasution, menantu Presiden RI Ir. Joko Widodo, kamis malam (24/1/2019) mengatakan bahwa sebelum menikahkan dirinya dengan Kahiyang Ayu, yang merupakan puteri semata wajang Jokowi dan Iriana. Dirinya pernah diuji (tanpa ia sadari-red) oleh Jokowi.

Di depan ratusan peserta ngopi bareng yang digelar di The Pantry Cafe, Pango, Banda Aceh, Bobby Nasution bercerita, pada suatu ketika, kala ia bertandang ke kediaman Jokowi, jelang Magrib ia pamit. Tapi Jokowi memintanya untuk pulang setelah Magrib.

Rupanya, begitu azan usai berkumandang, mantan Wakilota Solo itu meminta Bobby untuk menjadi imam shalat. Jokowi dan keluarga menjadi makmum.

“Kemudian baru saya tahu bahwa Bapak sedang menguji saya. Apakah saya bisa shalat atau tidak. Karena Bapak tidak mau suami anaknya kelak tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai kepala keluarga muslim. Andaikan malam itu saya tidak lulus tes, ceritanya akan lain,” kata Bobby yang disertai derai tawa peserta ngopi santai.

Dia juga mengatakan, sebagai Kepala Negara Republik Indonesia, Jokowi dan keluarga menetap di Istana Bogor. Tapi, Presiden RI itu tidak menjadikan istana sebagai rumah. Ia dan istri memilih tinggal di mess di samping istana.

Mess itu, kata Bobby hanya ada dua kamar tidur. Bila lagi ngumpul keluarga, tidak muat semuanya. Jokowi membuat keputusan. Iriana, Kahiyang Ayu beserta menantunya yang perempuan, dipersilahkan tidur dalam satu kamar. Sedangkan Jokowi, Bobby, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, tidur bersama di kamar yang lain.

“Bapak tidak membolehkan kami tidur bersama, walau yang sudah ada pasangan. Tempatnya tidak muat. Agar semuanya bisa nyaman dan tidak bercampur baur, tidurnya sesuai jenis kelamin,” kata Bobby.

Ketika kumandang azan Subuh tiba, Jokowi sudah bangun duluan. Sang Presiden pun membangunkan semua isi rumah untuk shalat secara berjamah.

“Kalau Bapak tidak mau peduli terhadap hal yang demikian, kan beliau bisa shalat sendirian, atau berjamah bersama ibu. Tapi beliau justru membangunkan kami semua,” katanya.

Menurut Bobby, bila ada waktu senggang, Ketika mereka ngumpul, Jokowi selalu menjadi ayah sekaligus kakek yang asyik. Dia akan bercengkerama bersama keluarga, juga bercanda. Bahkan mereka pun bisa main game bareng.

Tentu waktu yang demikian tidaklah banyak. “Bapak akan selalu berusaha tetap menjadi kepala keluarga yang sederhana dan jauh dari formalitas kala bersama kami,” imbuhnya.

Pertemuan ngopi bareng itu dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari millenial hingga pengurus teras Partai NasDem Aceh beserta pengurus teras Sekber Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Aceh.

KOMENTAR FACEBOOK