55 Relawan Demokrasi Pemilu di Aceh Utara Dikukuhkan

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Komisioner KIP Aceh Utara mengukuhkan 55 Tim Relawan Demokrasi Pemilu di Aula Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Sabtu (27/01/2019).

Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, mengatakan mereka awalnya diberi pembekalan training of trainer, sesudah itu langsung mulai bekerja.

“Mereka sudah mulai bekerja menurut basisnya masing-masing,” ujarnya.

Dari 55 tim relawan terdiri atas 33 laki laki dan 22 orang perempuan. Mereka terbagi lagi menjadi sebelas basis yang dikelompokkan menjadi basis keluarga 6 orang, basis pemilih pemula 12 orang, basis pemilih muda 8 orang, basis pemilih perempuan 4 orang, basis penyandang disabilitas 2 orang, basis pemilih berkebutuhan khusus 1 orang, basis kaum marginal 3 orang, basis komunitas 2 orang, basis keagamaan 7 orang, basis warga internet 5 orang, dan basis relawan demokrasi 5 orang.

Zulfikar menambahkan, relawan demokrasi merupakan perpanjangan dari KPU untuk membantu penyelenggara pemilu yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang.

Di sisi lain, relawan demokrasi yang mempunyai tugas untuk menyadarkan masyarakat di setiap desa tentang pemilu dan wajib melakukan koordinasi dengan penyelenggara tingkat kecamatan dan desa setempat.

“Sebanyak 55 orang yang terbagi dalam beberapa basis itu harus melakukan tugasnya masing-masing, dan melakukan koordinasi dengan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan desa,” tutur Zulfikar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK