Belum Ada Internet, SHAREit Jadi Andalan di Sarah Baru

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Pepatah tak ada rotan akar pun jadi tampaknya benar-benar berlaku bagi generasi muda di Dusun Sarah Baru, Desa Alur Kejruen, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Meskipun di desa ini sama sekali belum terjamah oleh jaringan telekomunikasi, tetapi itu tidak menyurutkan kreativitas para milenial untuk memaksimalkan penggunaan perangkat teknologi. Khususnya dalam hal mengirimkan foto atau dokumen antarperangkat.

Mereka menggunakan aplikasi SHAREit, yaitu aplikasi yang bisa mengirim dan menerima berbagai file secara cepat tanpa jaringan internet. File yang bisa dikirim berupa film, musik, wallpaper, foto, dan juga bisa pesan singkat layaknya chating. Hanya saja jarak yang bisa diakses tidak lebih dari 50 meter.

Para remaja yang mendiami desa hulu sungai Kluet ini, memanfaatkan aplikasi SHAREit sebagai penghubung antarsesama mereka.

“Kalau mau chating atau kirim video dan foto, kami menggunakan SHAREit. Begitu juga saat janjian jumpa sama teman, kami mengirim pesan melalui SHAREit dulu. Namun, aplikasi ini hanya bisa diakses ketika teman kita juga mengaktifkan SHAREit di handphone-nya,” ujar Zulfikar kepada aceHTrend saat berkunjung ke dusun tersebut pada 5 Januari 2019 lalu.

Gadget yang mereka gunakan tidak kalah dengan remaja yang tinggal di perkotaan. Saat aceHTrend berkunjung terlihat beberapa remaja sedang asyik bermain dengan gadget mereka dari merek ternama. Hal ini membuktikan bahwa generasi milenial saat ini tidak lepas dari yang namanya teknologi.  

Adanya aplikasi ini sedikit membantu mereka menghilangkan kebosanan dan saling terhubung dengan teman-temannya. Beruntung jarak antarrumah di desa tersebut tidak berjauhan sehingga aplikasi ini bisa digunakan sebagai alat bertukar informasi dan hiburan alternatif bagi remaja yang tinggal jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK