Plt Gubernur Berharap Masjid Keuchik Leumik Jadi Destinasi Wisata Religi

@aceHTrend/Yelli Sustarina

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah meresmikan Masjid Haji Keuchik Leumik di Jalan Tepi Krueng Aceh Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Senin (29/1/2019).

Nova berharap keberadaan masjid tersebut bisa berfungsi seperti Masjid Kubah Emas di Depok, Jawa Barat.

“Masjid tersebut secara kasat mata menghadirkan kemakmuran bagi umat. Dari aspek dan perspektif pariwisata religi pun masjid Kubah Emas Depok mendatang kemakmuran bagi umat, terutama bagi warga sekitarnya. Saya yakin Harun Keuchik Leumik bersama keluarga akan mengisi segmen tersebut menjadikan masjid yang megah ini sebagai tempat tujuan wisata religi,” ujar Nova Iriansyah dalam sambutannya.

Sementara itu, Harun Kechik Leumik selaku putra Keuchik Leumik mengatakan, masjid bergaya Timur Tengah yang dapat menampung seribu jemaah ini, selain difungsikan sebagai sarana ibadah juga untuk kegiatan sosial keagamaan lainnya.

“Kita akan memberikan wadah bagi siapa saja yang akan melangsungkan pernikahan di masjid ini, perayaan hari-hari besar Islam, dan kegiatan keagamaan yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Dalam acara ini turut diberikan santunan kepada anak yatim di Gampong Lamseupeung. Santunan diberikan langsung oleh Plt Gubernur Nova Iriansyah, didampingi Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, dan Kesdam Iskandar Muda Brigjen Danil.

Pembangunan masjid ini sepenuhnya menggunakan biaya pribadi keluarga Haji Kechik Leumik. Masjid berukuran 34×22 meter persegi ini berdiri di atas tanah seluas 3.500 meter. Di dalam kompleks masjid juga terdapat balai pengajian yang sudah ada sejak tahun 2005. Awalnya digunakan untuk menampung pendidikan anak-anak korban tsunami dan anak yatim pada saat itu.

Posisi masjid yang megah menghadap ke Krueng Aceh. Bangunannya tampak sangat elegan dengan perpaduan warna cokelat muda dan warna ermas. Keindahan arsitektur masjid ini sangat berpotensi sebagai destinasi wisata religi di Banda Aceh.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK