Enam Hektare Lahan Gambut Terbakar di Aceh Barat

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Seluas enam hektare lahan gambut di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat dikabarkan terbakar.  Kebakaran terjadi di dua desa, yaitu Desa Leuhan dan Lapang.

Menurut informasi yang dihimpun dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek, kebekaran terjadi sekitar pukul 15.00 WIB pada Selasa (29/1/2019).

Api melahap kurang lebih 6 ha lahan di Desa Lapang, sedangkan di Desa Leuhan masih dalam tahap pendataan oleh tim BPBD Kabupaten Aceh Barat.

“Penyebab kebakaran masih dalam pendataan. Dilaporkan dari BPBD Kabupaten Aceh Barat bahwa Team TRC terus memantau perkembangan di lapangan,” kata Teuku Ahmad Dadek kepada aceHTrend, Rabu (30/1/2019).

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik, Azwar, dan Kasi Kedaruratan Ruswen, dalam rilis yang diterima aceHTrend mengatakan, pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan pimpinan untuk penanganan lebih lanjut.

“Danru Regu 1 Damkar telah mengerahkan satu unit Armada Damkar 08 berserta personel untuk melakukan upaya pemadaman dibantu oleh anggota Polsek dan Koramil Johan Pahlawan, Polres Aceh Barat dan Rapi Zwe,” jelas Azwar.

Pihaknya juga sedang melakukan penyelidikan dan tidak ada korban jiwa dan korban yang mengungsi dalam kejadian ini. Dia menambahkan, sejauh ini titik api belum dapat dipadamkan, operasi pemadaman akan dilanjutkan pada hari ini.

“Oleh karena itu, satu unit damkar terus disiagakan di pos yang terdekat dengan lokasi karhutla,” tuturnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK