Panwaslu Kota Baharu Laksanakan Rakor Pemilu

ACEHTREND.COM, Singkil- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (panwaslu) Kecamatan Kota Baharu menggelar rapat koordinasi penguatan pengawasan pemilu di Aula Sekretariat Panwaslu Kota Baharu, Rabu  (30/ 01/19).

Rapat yang dipimpin ketuanya Hasan Basri Lingga, dihadiri seluruh Panwaslu desa se- Kecamatan Kota Baharu.

Tampil sebagai narasumber, yaitu Azwar Ramnur dari Komisioner Bawaslu Kabupaten Aceh Singkil.

Azwar Ramnur, dalam arahannya menekankan peranan panwaslu desa  dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu 2019 ini sangat penting.

“Kita tidak mesti menunggu surat perintah baru bekerja. Sejatinya tugas kita sudah ditentukan untuk mengawasi pemilu. Jika ditemukan dugaan pelanggaran langsung ditindaklanjuti. Tentu dengan melengkapi data, alat bukti, keterangan-keterangan lain dengan mengisi formulir A,” katanya.

Pada kesempatan itu, Azwar Ramnur juga langsung  memberikan arahan dan simulasi cara mengisi form A.

“Pengisian form A ini penting dilakukan untuk memastikan agar tidak ada terjadi kesalahan dalam pengisian apabila suatu saat terjadi pelanggaran,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kecamatan Kota Baharu, Hasan Basri Lingga  mengatakan, rakor dilaksanakan sebagai langkah preventif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya pelanggaran pemilu.

Selain itu juga, untuk menumbuhkembangkan semangat bagi panwaslu desa  terhadap proses pengawasan pemilu 2019 mendatang sehingga pemilu bisa terlaksana dengan baik, sukses, dan berkualitas.

“Tujuan rakor untuk memberikan penguatan kapasitas pemahaman kepada panwaslu desa tentang pentingnya pengawasan menjelang hari H, ” tegas Hasan Basri.[]

KOMENTAR FACEBOOK