9 Prioritas Pembangunan Pemkab Abdya di Tahun 2020

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki sembilan prioritas pembangunan di tahun 2020. Prioritas tersebut berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengan Kabupaten (RPJMK) Abdya tahun 2017-2022.

Masing-masing program prioritas tersebut terdiri atas, peningkatan nilai tambah pascapanen (kelautan, pertanian, dan perkebunan), infrastruktur pendukung pertumbuhan ekonomi, pengembangan akses dan jaringan pasar, pengembangan UMKM, pengembangan agrowisata, pendidikan dan kesehatan, syariat Islam, penanggulangan kemiskinan, dan reformasi bikrokrasi dan tata kelola pemerintahan.

Sembilan prioritas pembangunan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, dalam pembukaan konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Barat Daya tahun 2020. Acara itu berlangsung di Aula Bappeda Abdya, Kamis (31/1/2019).

Muslizar menyebutkan, forum konsultasi publik rancangan awal RKPK Aceh Abdya Tahun 2020 ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari semua pemangku kepentingan sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPK Abdya tahun 2020 menjadi RKPK Abdya  tahun 2020.

Hal itu sesuai dengan amanah Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

“Forum konsultasi publik ini memiliki nilai strategis dalam pengimplementasian poin-poin penting yang terkandung dalam RPJMK Aceh Barat Daya tahun 2017-2022.  Tahun 2020 juga merupakan tahun ketiga pelaksanaan visi dan misi Kabupaten Aceh Barat Daya. Karena itu hal ini tentunya memerlukan pemikiran dan analisis yang tajam, sehingga dapat dituangkan dalam dokumen Rancangan Awal RKPK Aceh Barat Daya Tahun 2020, sehingga terciptanya sinergisitas dan keselarasan antardokumen perencanaan lainnya,” ujar Muslizar.

Dirinya berharap, dalam forum konsultasi publik ini para peserta mampu memberikan ide dan gagasan yang fokus untuk penyempurnaan dokumen rancangan awal RKPK Aceh Barat Daya Tahun 2020, sehingga arah dan sasaran perencanaan pembangunan Kabupaten Aceh Barat Daya tahun 2020 dengan tema peningkatan pascapanen melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM), pengembangan akses dan jaraingan pasar, agrowisata serta optimlisasi pelayanan publik dapat terwujud demi kesejahteraan masyarakat Aceh Barat Daya.

Dalam acara tersebut ikut dihadiri oleh unsur pimpinan dan para anggota DPRK Aceh Barat Daya, Dandim 0110 Aceh Barat Daya, Kapolres Aceh Barat Daya, Kajari Aceh Barat Daya, Ketua Pengadilan Negeri Aceh Barat Daya, Ketua MPU, MAA, MPD, Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya dan lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK