Inisiatif Pribadi, Pegawai Dinsos Aceh Galakkan Aksi Jumat Berbagi

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Menggunakan seragam biru, para petugas Dinas Sosial Provinsi Aceh berkeliling Lapangan Blang Padang Banda Aceh, Jumat pagi (1/2/2019).

Mereka menghampiri para petugas kebersihan yang sedang bertugas di area publik tersebut, sebagian ada yang mendekati tukang becak, sopir angkutan labi-labi, dan menyapa sejumlah masyarakat yang melintas di kawasan tersebut.

Para abdi negara itu ternyata sedang melangsungkan program “Gerakan Jumat Berbagi Dinsos Aceh”.

Pertama dilakukan oleh instansi pemerintah tingkat provinsi. Begitu pengakuan Michael Oktaviano yang ditunjuk sebagai Koordinator Relawan Jumat Berbagi Dinsos Aceh.

“Dinas sosial Aceh membagikan nasi kepada seluruh tukang becak , sopir labi-labi, penyapu jalan yang melintasi di depan kantor Dinas Sosial Aceh di Blang Padang,” ungkap Michael.

Menariknya, niat mereka menggalakkan program yang menggunakan dana pribadi masing-masing pegawai Dinsos Aceh ialah untuk memasyarakatkan sedekah. Program-program seperti itu selama ini hanya dilakukan oleh masyarakat luas, tetapi tidak dilakukan oleh para pegawai instansi pemerintah.

“Mudah-mudahan bisa terinspirasi bagi instansi lainnya yang ada di seluruh Aceh,” sambungnya.

Aksi sosial bagi-bagi nasi itu hanya langkah awal memulai program yang memang menyentuh masyarakat. Nantinya akan terus bervariasi setiap hari Jumat.

“Kita akan coba tidak hanya pada bagi-bagi nasi, akan tetapi ada hal lain yang kita lakukan setiap Jumat. Hari ini karena perdana, kita awali dengan pembagian nasi bungkus,” ujarnya.

Michael juga mengungkapkan, program inisiasi yang dilandasi hati yang ikhlas ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, dan Ketua Dharma Wanita Dinas Sosial Aceh yang tak lain adalah istri kepala dinas.

Menurut Alhudri, program yang dilancarkan oleh pegawai Dinsos Aceh bukan karena paksaan, akan tetapi ini merupakan inisiatif bersama guna menyentuh langsung masyarakat.

“Artinya, kehadiran kita bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” ungkap Alhudri.

Ia juga berpesan agar terus melanjutkan program tersebut tidak hanya terhenti di beberapa momentum Jumat saja, tetapi terus berkesinambungan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK