Dosen Unimal Masriadi Sambo Terbitkan Buku Hubungan Media Kontemporer

Masriadi Sambo

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Masriadi Sambo, kembali menerbitkan buku berjudul Media Relations Kontemporer, Teori dan Praktik. Buku itu diterbitkan oleh Prenada Media Group, Jakarta. 

Buku setebal 252 halaman itu berisi tentang teori dan praktik para pekerja di bidang hubungan masyarakat dengan media massa di era digital.

Masriadi mengatakan, dalam praktiknya, pekerja divisi hubungan masyarakat baik di kantor pemerintah dan swasta tidak memiliki kompetensi yang memadai menghadapi perubahan praktik hubungan media di era digital yang begitu cepat.

“Misalnya, banyak pekerja hubungan media yang selalu telat mengirimkan siaran pers, tidak menyesuaikan perkembangan zaman bahwa digitalisasi telah terjadi. Di mana, media siber bisa menyiarkan detik itu juga saat peristiwa itu terjadi,” kata Masriadi kepada aceHTrend, Minggu (3/2/2019).

Dalam buku itu kata dia, juga ditulis bagaimana menghadapi wartawan bodrek (istilah untuk wartawan abal-abal yang tidak jelas medianya) dan berhadapan dengan media massa lewat jalur Dewan Pers.

Bila terjadi sengketa hubungan media, sambung Masriadi Sambo, sebaiknya menggunakan regulasi UU Pers. Bukan regulasi KUHPidana yang kerap terjadi di Indonesia.

“Bahwa ada pemberitaan tidak memuaskan, itu saluran komplainnya dijamin undang-undang. Public relations yang baik sejatinya patuh regulasi dan menggunakan UU Pers sebagai langkah untuk komplain,” katanya.

Buku itu telah tersedia di sejumlah toko buku di Indonesia. Diharapkan, buku itu bisa memperkaya khasanah pengetahuan ilmu komunikasi dan media massa di tanah air.

“Semoga masyarakat menyukai buku ini,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK