Putra Bungsu Sulaiman Abda Lulus Sarjana Politik di Universitas Indonesia

Ahmad Khemal Pasha, putra bungsu politikus senior Aceh Sulaiman Abda, Sabtu (2/2/2019) diwisuda di Universitas Indonesia sebagai Sarjana Ilmu Politik. Alumnus SMA Labschool Unsyiah itu pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik UI.

Ahmad Khemal Pasha berhasil menyelesaikan studi selama empat tahun. Ia yang masuk UI dari jalur undangan pada tahun 2014, lulus pada 2018 dan diwisuda pada Februari 2019.

Diceritakan oleh sang ayah, awalnya ia berkebaratan Khemal kuliah di UI. Dia ingin sang putra menempuh pendidikan di Unsyiah saja. Soal kualitas juga tak menjadi kendala. Unsyiah masuk jajaran kampus hebat di Indonesia.

Namun, Khemal dan istri Sulaiman Abda, Hausmini, ingin lajang murah senyum itu kuliah di UI. Setelah berunding maka akhirnya diputuskanlah Khemal menempuh studi di Jakarta.

Ternyata itu bahagian dari yang harus disyukuri di kemudian hari. Karena sakitnya, Hausmini akhirnya dirawat di Jakarta. Khemal yang kala itu sedang sangat sibuk kuliah, selalu bisa membersamai sang bunda yang sedang sakit.

Hingga sang ibu menghembuskan nafas terakhir, Sulaiman dan keempat putra, menantu dan cucunya, hadir di sana, kala Hausmini berpulang ke hadirat Ilahi Rabbi.

Mau kemana Khemal setelah lulus? Sembari tersenyum ia mengaku akan melanjutkan studi ke luar negeri. Dia membidik dua negara, kalau bukan Amerika Serikat, ia akan pilih Inggris. Ia mengincar kampus elit di sana.

“Ini sedang persiapan di Pare. Pemantapan bahasa Inggris. Doakan ya Bang, agar Khemal mampu taklukkan kerasnya dunia,” katanya.

Apakah ia tak tertarik pulang ke Aceh dan kemudian membangun karir di Aceh?

“Masih terlalu cepat bila membahas itu. Ayah ingin saya terjun ke dunia politik. Tapi saya masih ingin sekolah. Nanti kalau sudah lulus, akan saya bincangkan kembali sama ayah. Soal Aceh, pane mungken ulon tuwo keu gampong droe. Almarhumah Bunda peuikat baten lon ngon Aceh,” ujar Khemal.

KOMENTAR FACEBOOK