Sandiaga Ziarah ke Makam Sultan Malikussaleh

@aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno siang tadi menziarahi makam Sultan Malikussaleh, raja pertama Samudra Pasai, di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Minggu (3/2/2019).

Amatan aceHTrend, Sandi bersama rombongan tiba di kompleks makam sekitar pukul 10.00 WIB. Ini merupakan salah satu agenda Sandi dalam kunjungannya ke wilayah Pasee kali ini.

Setiba di kompleks makam, Sandi disambut hangat sejumlah ulama dan masyarakat setempat yang sudah menunggu kedatangannya. Sebelum masuk ke area makam, Sandiaga terlihat berwudu terlebih dahulu.

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno mendengar sejarah singkat Sultan Malikussaleh yang bernama asli Meurah Silu saat masa memimpin Samudera Pasai serta upaya penyebarluasan Islam ke wilayah Indonesia yang disampaikan juru kunci makam Tgk. Saiful.

Berdasarkan tulisan kaligrafi di batu nisan makam Sultan Malikussaleh dan anaknya Malikul Dhahir, selain menyebarluaskan Islam di Indonesia dan Asia Tenggara, pada masa Malikul Dhahir mulai adanya pembayaran barang dengan mata uang dirham (koin emas Aceh).

Usai mendengar penjelasan singkat tersebut, Sandiaga mengatakan ziarah yang dilakukannya sebagai penghormatan kepada Sultan tertua kerajaan Islam di Asia Tenggara.

“Perjuangan beliau dengan putranya dalam menyebar Islam ke berbagai pelosok Indonesia dan Asia Tenggara memiliki niat dengan tulus dan ikhlas dengan kekuatan pandangan Islam,” ujar Sandiaga Uno.

“Kearifan lokal dan penerapan syariat Islam di Aceh akan kita pertahankan dan kita jaga bersama-sama sehingga memberi kemaslahatan bagi seluruh rakyat Indonesia dan kebangkitan umat,” ujarnya.

Ke depan kata dia semangat ukhuwah islamiyah harus ditingkatkan dan kearifan masyarakat Aceh yang menjalankan syariat Islam harus menjadi pedoman bagi semua.

Usai berziarah dari sini rombongan Sandiaga Uno bergerak menuju ke Dayah Abu Paya Pasie di Kabupaten Aceh Timur.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK