Waspada Karhutla, Koramil Teunom Rutin Patroli

Ilustrasi. Seorang petugas BPBD Aceh Barat sedang memadamkan api di Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. @ist/BPBD Aceh Barat

ACEHTREND.COM, Calang – Babinsa Koramil 06/Teunom Kodim 0114/Aceh Jaya Kopda Safrizal melakukan patroli di Desa Seneubuk Padang, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya untuk mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla ) di wilayah tugas mereka pada Jumat (1/2/19 ).

Kali ini lokasi yang dituju oleh Kopda Safrizal yaitu lahan perkebunan warga setempat yang dianggap rawan terjadi aktivitas pembakaran lahan.

Selain melakukan pemantauan terhadap kondisi wilayah, pada kesempatan ini Kopda Safrizal turut melakukan sosialisasi kepada warga berupa mengajak agar bersama-sama mencegah terjadinya karhutla.

“Kita sudah melaksanakan patroli karhutla ini secara rutin, kita ingin memastikan bahwa wilayah tugas kita bebas dari pembakaran lahan. Kemudian kita juga melakukan sosialisasi kepada warga di sepanjang jalur patroli untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran di antaranya dengan cara tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” kata Kopda Safrizal melalui surat elektronik, Sabtu (2/2/2019).

Sementara itu Komandan Koramil 06/Teunom Kodim 0114/Aceh Jaya Kapten Inf Abdul Gani Kasim menuturkan, patroli ini sudah berjalan secara rutin. Setiap Babinsa diarahkan memantau lahan di desa binaan masing-masing.

“Semua Babinsa kita libatkan dalam patroli ini, mereka harus memastikan di desa binaan masing-masing tidak terjadi pembakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

“Kecamatan Teunom rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan karena di beberapa titik terdapat lahan gambut, oleh karena itu kita berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya kebakaran tersebut,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK