Tgk Muhar Minta Pemerintah Umumkan Hasil Penelitian Semburan Lumpur di Aceh Utara

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Anggota DPR Aceh dari dapil Aceh Utara-Lhokseumawe, Tgk. Muharuddin meminta tim teknis dari instansi terkait agar segera mengumumkan hasil penelitian terkait sumur bor yang menyemburkan gas bercampur lumpur di Aceh Utara. Pengumuman ini menurutnya penting untuk mengetahui penyebab kejadian dan unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.

Hal itu disampaikan Tgk. Muhar mengingat masih adanya kekhawatiran di kalangan warga Desa Tanjong Minje, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara yang rumahnya berada di sekitar lokasi tersebut. Mereka khawatir terkait keselamatannya apakah berbahaya atau tidak.

Masyarakat Desa Tanjong Minje, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, pada Rabu pagi, 23 Januari lalu dibuat gempar. Pasalnya galian sumur bor warga di desa itu meledak dan mengeluarkan semburan gas dan lumpur yang mencapai ketinggian 10 meter lebih. Peristiwa tersebut terjadi saat pemilik kebun, Aris Munandar (20), menggali sumur bor untuk memudahkan penyiraman tanaman di kebunnya.

“Semburan gas yang bercampur lumpur di lokasi memang sudah berhenti, tetapi masyarakat masih khawatir karena belum adanya pernyataan resmi dari pemerintah terkait hasil uji lab. Masyarakat di sekitar lokasi masih waswas dan merasa resah saat berada di rumah, apalagi sebagian sumur warga sampai hari ini masih memunculkan gelembung atau buih dengan bau yang menyengat pascasembur gas dan lumpur itu,” kata Tgk Muharuddin saat meninjau kondisi di sekitar lokasi, Minggu sore (3/2/2019).

Sebelumnya pemerintah melalui instansi terkait telah menurunkan tim ahli dari Bandung ke lokasi untuk melakukan penelitan. Namun sejauh ini uji sampel dari semburan gas dan lumpur tersebut belum dirilis. Menurut mantan ketua DPR Aceh tersebut, hasil penelitian terkait peristiwa tersebut perlu segera diumumkan supaya ada kejelasan dan keterangan bagi warga sekitar.

“Pihak berwenang dari Pemerintah Aceh telah menurunkan tim ahli dari Bandung ke lokasi untuk melakukan penelitian, tapi sampai hari ini hasil lab belum juga diumumkan. Saya pikir hasil lab harus segera diumumkan, agar ada kejelasan dan ketenangan bagi warga sekitar,” tegas Muharuddin, usai mendengar keluh kesah dari warga sekitar.

“Bila pun masih dalam tahap uji lab, Pemerintah Aceh melalui instansi terkait juga perlu menyampaikan ke publik sebagai informasi bagi masyarakat,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK