Warga Abdya Diimbau Waspadai Bahan Berbahaya dan Obat-obatan Ilegal

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesra Setdakab Aceh Barat Daya (Abdya) Salman Alfarisi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait peredaran bahan berbahaya dan kemasan makanan serta mengkonsumsi obat-obatan ilegal.

Ajakan itu ia sampaikan saat membacakan amanat Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, dalam acara Komunikasi, Informasi, dan Edukasi kepada masyarakat Abdya yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh di Aula Arena Motel, Blangpidie, Kamis (7/2/2019).

Menurut Salman, pesatnya peredaran makanan, kemasan berbahaya, dan obat-obatan ilegal seiring dengan pertumbuhan akses informasi dan berkambangnya perdagangan dunia, sehingga memudahkan bagi masyarakat untuk mengakses dan mendapatkan bahan-bahan ilegal tersebut.

Kondisi ini kata Salman, tentunya menuntut semua pihak agar saling mengingatkan terkait peredaran bahan-bahan berhaya tersebut bagi kesehatan masayarakat itu sendiri.

Apalagi di era sekarang ini banyak beredarnya makanan siap saji yang mudah didapatkan dan dikonsumsi oleh masyarakat tanpa memperhatikan kemasan yang baik, label yang tertera, izin edar, dan tanggal kedaluwarsa bahan-bahan yang dipasarkan tersebut. Akibatnya, banyak penyakit yang kemudian ditimbulkan akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Sampai saat ini sambungnya, masih bayak ditemukan peredaran produk makanan, obat-obatan yang mengandung bahan berbahaya di masyarakat. Bahkan, tidak sedikit yang menjadi korban dari produk obat dan makanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut.

“Untuk itu, seluruh elemen masyarakat baik produsen maupun konsumen untuk bersama-sama saling peduli dan waspada terhadap penggunaan bahan berbahaya. Maka kita berharap kepada masyarakat untuk dapat menyebarluaskan informasi itu kepada saudara, tetangga, teman maupun semua orang yang dikenal,” harapnya.

Salman berpesan, pihak BBPOM Aceh agar terus menggalakkan kegiatan-kegiatan seperti ini, karena sangat bermanfaat bagi masayrakat.

“Kegitan semacam ini agar terus dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan serta dapat terus dikembangkan, terutama di kalangan anak-anak sekolah yang merupakan tumpuan pembangunan kita di masa yang akan datang,” pesan Salman.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK