Khairuman Gantikan Almarhumah Fauziah sebagai Camat Kuala Batee

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar MT melantik Khairuman sebagai Camat Kuala Batee menggantikan almarhumah Fauwizah yang meninggal dunia di RSUZA Banda Aceh pada Sabtu (24/11/2018) lalu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Khairuman ikut disaksikan oleh Sekda Abdya, Thamrin, muspika, dan tamu undangan lainnya. Pelantikan tersebut berlangsung di Kantor Camat Kuala Batee, Gampong Pasar Kota Bahagia, Kamis (7/2/2019).

Muslizar MT dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada Khairuman. Muslizar mengingatkan agar ia bekerja dengan profesional dan dapat melayani masyarakat Kuala Batee sepenuh hati.

Muslizar menyebutkan, perubahan setiap posisi jabatan yang dilakukan dalam pemerintahan, baik secara horizontal maupun vertikal merupakan suatu tuntutan untuk meningkatkan pelayanan birokrasi pemerintahan. Begitupun pelantikan tersebut yang dilakukan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sepeninggal camat terdahulu, sampai saat ini jabatan camat di Kecamatan Kuala Batee masih terjadi kekosongan. Dari itu penunjukan saudara Khairuman sebagai camat yang baru telah melalui pertimbangan kami bersama, terutama berkaitan dengan penyelenggaraan palayanan publik serta pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di kecamatan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu sambung Muslizar, jabatan yang diembankan pada pundak camat yang baru dilantik, harus benar-benar disyukuri dan hendaknya dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan, serta prestasi dalam bekerja. Untuk itu dibutuhkan suatu keseriusan, tanggung jawab moral, dan komitmen bersama, serta bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Seperti yang sering kami sampaikan bahwa kesuksesan seorang camat dalam memimpin tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama seluruh perangkat yang ada di kecamatan. Seorang camat harus tanggap dan bertindak cepat terhadap isu-isu atau fenomena yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan senantiasa menjalin komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat, termasuk juga para ulama dan tokoh-tokoh masyarakat,” ujarnya.

Kemudian kata Muslizar, camat yang dilegitimasikan menjalankan undang-undang juga mempunyai tugas untuk membina aparat gampong dalam rangka meningkatkan kinerja mereka sesuai dengan tugas dan fungsinya. Maka, camat harus memberi bimbingan, melakukan supervisi, memfasilitasi, serta menjadi konsultan, agar pekerjaan yang dilakukan oleh aparatur gampong terarah dengan baik, terutama dalam pemanfaatan dan penggunaan dana desa yang harus digunakan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong itu sendiri.

“Perlu juga kami sampaikan bahwa dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat serta untuk menyukseskan program-program Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, maka selalu sesuaikan kinerja Saudara di Kecamatan Kuala Batee ini dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya Periode 2017-2022. Satu hal lagi yang penting diperhatikan bahwa sebagai camat yang baru, Saudara diharapkan mampu membawa energi yang positif bagi Kecamatan Kuala Batee. Sebab seorang camat wajib peka dengan kondisi sosial masyarakat di wilayahnya. Camat bukan hanya bertugas di kantor, tetapi camat harus selalu siap kapan pun dan di mana pun serta dalam kondisi apa pun,” pesannya.

Muslizar juga berharap agar camat yang baru dilantik mampu merangkul semua elemen masyarakat yang ada, baik ulama, para teungku, mukim, keuchik, aparat gampong, parpol, OKP, ormas LSM, serta para relawan lainnya.

“Karena kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, dan tidak selamanya kita itu dibatasi  oleh nomor urut, warna serta perbedaan pilihan. Sekarang saatnya kita membangun kabupaten ini bersama-sama untuk mencapai Abdya yang sejahtera dan islami. Maka mari bersama membangun Abdya, hancurkan perbedaan, negeriku, negerimu, negeri kita Abdya makmur sentosa,” harap Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK