Muslizar Ajak Masyarakat Kelola Dana Desa dengan Baik

Wakil Bupati Abdya Muslizar MT@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT, mengajak masyarakat untuk mengelola dan memanfaatkan Dana Desa (DD) dengan baik. Sebab, dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah itu ditujukan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya Dana Desa tersebut sebagian besar permasalahan pembangunan desa di Kabupaten Abdya dapat diatasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Tentunya, kita semua semua berharap semoga musrenbang kecamatan ini akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya khususnya dan masyarakat Aceh pada umumnya,” ungkap Muslizar dalam acara pembukaan musrenbang di Kecamatan Kuala Batee, Senin (11/2/2019).

Muslizar mengatakan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, musrenbang ini bertujuan untuk menyusun dan menentukan program dan kegiatan prioritas pembangunan agar lebih terarah dan terfokus, serta harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang didukung oleh kondisi, potensi dan sumber daya yang ada serta situasi yang berkembang saat ini.

Namun, musrenbang kecamatan tidak semata-mata menyepakati usulan prioritas pembangunan yang ada di gampong yang diusulkan melalui musrenbang gampong dan tertuang dalam RPJM masing-masing gampong. Namun musrenbang kecamatan ini juga menyepakati kegiatan prioritas yang menjadi urusan dan kewenangan wajib dan pilihan pemerintah kabupaten. 

“Secara umum dapat kami sampaikan bahwa penyelenggaraan musrenbang kecamatan ini bertujuan untuk menampung berbagai aspirasi, masukan, ide dan pemikiran yang konstruktif dan membangun dari seluruh lapisan masyarakat atau stakeholder yang berkaitan dengan kegiatan pembangunan daerah yang diselaraskan dengan rencana dan prioritas pembangunan yang sedang disusun oleh pemerintah kabupaten,” paparnya.

Ia menuturkan, untuk mencapai dan mewujudkan visi dan misi pembangunan tersebut, tentu diperlukan kerja keras dan kerja sama seluruh elemen masyarakat dengan mengedepankan semangat kemandirian, yaitu Kabupaten Abdya yang mampu memenuhi kebutuhan daerahnya sendiri di berbagai bidang dengan mengurangi ketergantungan kepada daerah lain.

“Atas dasar tersebut, maka dalam pertemuan musrenbang kecamatan ini, kami sangat mengharapkan kepada seluruh peserta musrenbang kecamatan agar memfokuskan usulan program dan kegiatan prioritas yang mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sebab kata Muslizar, di era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini, siap tidak siap semua orang harus mampu menghadapi berbagai tantangan dan ancaman globalisasi, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

“Tentu saja kita juga harus mampu memanfaatkan peluang yang ada terutama peluang masuknya investor, baik dari dalam maupun luar negeri ke Kabupaten Aceh Barat Daya,” pungkas Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK