Buka FITAS Dayah Abu Lam U, Ini Pesan Usamah untuk Santri

ACEHTREND.COM, Jantho – Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny membuka kegiatan Finding the Talented Students (FITAS) ke-8 Dayah Al-Falah Abu Lam U, di Lamjampok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa (12/2/2019).

Kegiatan bertema “Berpacu dalam Talenta untuk Mewujudkan Generasi Muda Berprestasi” ini diikuti oleh 546 peserta dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan tingkat SMA/MA se-Aceh yang dilaksanakan dari tanggal 12-16 Februari 2019.

Menurut laporan Ketua Panitia Rifai Fahrial, acara ini diikuti oleh 314 sekolah, berlangsung selama lima hari, 16 cabang perlombaan, merebut 106 piala, dan akan dipilih tiga juara umum pada masing-masing kategori.

Pimpinan Dayah Al-Falah Abu Lam U Tgk Saifuddin M. Ag dalam sambutannya menyampaikan, dalam menempuh pendidikan di dayah, setiap santri harus mempunyai totalitas dalam menuntut ilmu di dayah, seluruh kemampuan harus diorbitkan oleh santri, tentunya semua itu untuk kebaikan santri itu sendiri dan kebaikan Aceh ke depan dalam melahirkan generasi-generasi yang unggul.

Tgk Saifuddin mengibaratkan kegiatan ini sebagai bentuk latihan kepada santri di ‘kolam’ yang kecil, untuk bisa berenang di kolam yang besar, santri akan terbiasa berkompetisi.

“Sehingga ketika menghadapi kompetisi yang sesungguhnya di luar sana akan dapat mengatasinya dengan baik. Generasi ke depan harus siap menghadapi era apa pun, dengan basic ilmu agama yang baik,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny saat membuka acara itu berpesan agar para santri yang mengikuti perlombaan tetap tekun dan giat dalam melalui proses belajar di dayah. Ke depan, santri dayah harus memiliki tekad dan keyakinan untuk dapat mengisi posisi posisi strategis di pemerintahan.

“Buktikan kalian mampu memiliki masa depan yang gemilang, masa depan yang baik,” kata Usamah.

Kompetisi FITAS ini adalah suplemen tambahan bagi para santri dalam mengasah kemampuan diri. Usamah menyebutkan penentu kesuksesan setelah lulus dari dayah (sekolah) adalah kecerdasan secara emosional dan cerdas secara spiritual.

“Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh akan tetap hadir dalam membantu perkembangan dan kemajuan pendidikan dayah di Aceh, sudah tugas kami untuk men-support setiap kegiatan-kegiatan positif di dayah,” ujar Usamah.

Cabang yang diperlombakan dalam FITAS ke-8, yaitu Fahmil Quran, Tartil Quran, Syahril Quran, Tilawah Quran, Hifdzul Quran. Adapun di bidang seni cabang yang diperlombakan, yaitu Kaligrafi, Nasyid, Pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Rebana, Musikalisasi Puisi dan Fotografi, serta di cabang olahraga, yaitu Tenis Meja dan Santri Art Show.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK