23 Nelayan Aceh Dikabarkan Kembali Ditahan Otoritas Myanmar

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Angkatan Laut Myanmar kembali menangkap sebuah kapal penangkap ikan milik nelayan Aceh Timur, Rabu (6/2/2019)

Informasi tersebut disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek, Rabu, 13 Februari 2019.

Menurut Miftah, kapal berawak 23 nelayan Aceh Timur itu ditangkap oleh Kapal Angkatan Laut (558) yang dipimpin Mayor Pyae Sone Aung yang sedang berpatroli.

“Mereka ditangkap karena memasuki wilayah laut Myanmar tanpa izin (ilegal), tepatnya dekat Pulau Zardatgyi di Kotapraja Kawthoung, Wilayah Taninthayi,” katanya.

Menurutnya, saat ini para nelayan asal Aceh Timur tersebut ditahan di Department Perikanan Distrik Kawthoung untuk diambil tindakan atas pelanggaran tersebut.

“Salah satu awak kapal mengatakan bahwa mereka berlayar dari Aceh Timur, Indonesia, pada 29 Januari 2019, dan semua anggota awak berasal dari sana (Aceh Timur). Mereka memasuki wilayah laut Myanmar untuk menangkap lebih banyak ikan karena mereka hanya menangkap sedikit ikan di perairan Indonesia, ” jelasnya.

Baca berita terkait : Tiba di Kampung Halaman, 14 Nelayan Aceh Timur Disambut Haru Keluarga

Sebelumnya, 30 Januari 2019 lalu, Pemerintah Aceh baru saja memulangkan 14 nelayan Aceh Timur yang ditahan karena memasuki wilayah perairan Myanmar.[]

KOMENTAR FACEBOOK