Disdukcapil Abdya Kekosongan Blangko E-KTP

Kadisdukcapl Abdya, Rajul Asmar

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Memasuki awal tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya mengalami kekosongan blangko KTP elektronik.

“Dua pekan terkhir ini kita mengalami kekosongan blangko KTP elektronik. Jadi bagi masyarakat yang ingin melakukan perekaman e-KTP, kita hanya bisa mengeluarkan surat keterangan kependudukan sebagai pengganti sementara e-KTP,” ujar Kadisdukcapil Abdya, Rajul Asmar, kepada awak media, Kamis (14/2/2019).

Rajul Asmar menyebutkan, surat keterangan kependudukan yang dikeluarkan oleh pihaknya itu sebagai pengganti e-KTP. Jika nantinya blangko sudah ada dan e-KTP sudah dicetak, maka surat keterangan itu akan ditarik kembali oleh pihak Disdukcapil.

“Intinya bagi yang memilik surat keterangan itu juga berhak memilih pada pemilu ini,” ujarnya.

Rajul menjelaskan, kosongnya blangko e-KTP tersebut disebabkan banyak masyarakat Abdya yang melakukan perekaman. Namun demikian, Disdukcapil Abdya sudah mengusulkan pengadaan blangko tersebut kepihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penambahan sekitar 6.000 lembar blangko e-KTP.

“Kasi Disdukcapil sudah berangkat ke Jakarta untuk menjemput blangko tersebut,” katanya. 

Sejauh ini lanjut Rajul, masyarakat Abdya yang sudah memiliki surat keterangan blangko e-KTP dan yang merekam KTP sudah mencapai 3.559 orang.

“Sekitar 4.000 lembar blangko saat ini sangat mendesak, bahkan dalam waktu dekat ini harus ada blangko tersebut, karena mengingat yang harus dicetak sangat banyak,” pungkas Rajul.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK