Kadisdik Dayah Aceh: Haul Abon Aziz, Momentum Konsolidasi

Kadisdik Dayah Aceh Usamah El-Madny (kiri) bersama Waled Hasanoel atau lebih dikenal dengan panggilan Abu MUDI (kanan). Foto: Taufik Ar-Rifai.

“Momentum Haul Abon Aziz ke 30 ini, mari jadikan sebagai upaya konsolidasi ummat”.

Begitulah sepenggal kalimat yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny saat menghadiri Haul Abon Aziz di kompleks Dayah Mudi Mesra Samalanga, Kabupaten Bireuen, Kamis (14/2/2019).

Acara yang berlangsung dari tanggal 13-14 Februari 2019 ini berlangsung sangat khidmat. selain doa bersama kepada Allahyarham Tgk Abi dan Abon Aziz Samalanga, juga diisi dengan seminar tentang pemberdayaan ekonomi pesantren, tausiah dan juga kenduri bersama yang terlihat dihadiri oleh seluruh alumni dayah yang kurang lebih berjumlah 35 ribu orang. 

Usamah mengatakan, acara Haul Abon Aziz ini juga menandakan upaya konsolidasi ummat yang tetap memperjuangkan Islam berlandaskan mazhab Syafi’i dengan akidah ahlul sunnah wal jamaah.  Hal ini sesuai dengan petuah yang didengungkan oleh  allahyarham Abon Aziz semasa hidupnya. 

“Untuk itu, kepada kita yang ditinggalkan agar dapat selalu menjaga ummat agar terus dalam bingkai akidah aswaja,” ujar Usamah El Madny.

Usamah menjelaskan, kehadiran puluhan ribu alumni Dayah MUDI juga menandakan kekompakan ummat Islam yang tidak mudah dipecah belah dalam isu apapun juga. Untuk itulah, tambah Usamah, umat Islam harus bersatu sehingga tidak gampang  dimanfaatkan oleh orang lain yang mempunyai kepentingan sesaat.

Selanjutnya, Usamah berharga agar para santri, khususnya alumni MUDI agar terus berkomitmen memperjuangkan eksistensi dayah di Aceh. 

“Walau bagaimanapun dayah adalah sistem pendidikan tertua di Aceh, wajib dipertahankan keberlangsungannya,” pungkas Usamah El Madny.