[FOTO]: Keindahan Megahnya Masjid Agung At-Taqwa Kutacane

Suasana pagi di jantung Kota Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara terlihat sangat cerah, Jumat (15/2/2019).

Lantunan ayat suci terdengar nyaring di balik pengeras suara masjid. Desauan angin yang bertiup di celah-celah bukit pegunungan Lawe Desky terasa sepoi-sepoi dan memanjakan indra.

@aceHTrend/Taufik Ar-Rifai

Berdiri sejak tahun 1956-1962, Masjid Agung At-Taqwa memiliki nilai dan rekam jejak historis yang tinggi. Awalnya, pembangunan masjid yang berdiri megah di jantung ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara ini hampir bersamaan dengan pembangunan Kompleks Pelajar Babussalam.

Pembangunan tersebut dipimpin oleh Letkol Syahadat (patih) sebagai Kepala Perwakilan Kabupaten Aceh Tengah bersama Mayor Amin Komandan Sektor VII (Kodim). Kompleks Pelajar Babussalam tersebut diresmikan oleh Gubernur Kepala Daerah (KDH) Istimewa Aceh Ali Hasjmy pada tanggal 9 Juli 1962. Prasasti peresmiannya terdapat di tugu Kampung Pelajar Babussalam.

Pembangunan awal merupakan sumbangsih dan peran masyarakat Alas yang dilakukan secara bergotong-royong. Kini masjid tersebut sudah bermetamarfosis menjadi sebuah masjid agung modern dengan rancangan yang sangat apik menghadirkan sebuah masjid bergaya Eropa dengan sentuhan seni islami Aceh yang sangat kental.

Kutacane adalah ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara. Wilayah yang dikelilingi daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK