Ratu Laundry Latih Ibu-Ibu Lampineung Membuat Deterjen Cair

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Puluhan ibu-ibu di Gampong Kota Baru, Lampineung, mengikuti pelatihan pembuatan deterjen cair untuk keperluan menghemat pengeluaran rumah tangga.

Pelatihan yang digelar di kantor Geuchiek Lampineueng itu diadakan oleh Erika Mulyani, pemilik Ratu Laundry. Erika juga bertindak sebagai pelatih dengan menyampaikan dan mempraktekkan langsung cara membuat deterjen cair dihadapan 40 peserta.

“Saya berbagi ketrampilan kepada ibu-ibu agar pengeluaran untuk mencuci pakaian bisa makin hemat lagi,” kata Erika Mulyani yang juga warga di Lampineueng, Rabu (20/2).

Pelatihan Pembuatan Deterjen di Lampineueng

Kepada aceHTrend, Erika mengaku pengeluaran membeli sabun cuci pakaian apalagi yang bubuk itu lumayan besar.

“Tapi, dengan deterjen cair bisa lebih hemat. Akan lebih hemat lagi jika ibu-ibu bisa membuatnya sendiri,” tambah pengusaha perempuan yang juga memiliki usaha Ratu Jepara dan Ratu Farma di Banda Aceh.

Menurut Erika, dengan terampil membuat deterjen cair, ibu-ibu rumah tangga bisa juga memproduksi sabun cuci cair untuk dijual kepada rumah tangga lain, atau bisa juga ditawarkan kepada pengusaha laundry, yang terus tumbuh di banyak daerah.

Ibu Mariana (60), warga yang mengikuti pelatihan mengaku terharu diberi ilmu membuat sabun cair. “Ini sangat berguna, sangat bermanfaat bagi kami ibu-ibu rumah tangga, kami berdoa Dek Ani (Erika Mulyani) sukses selalu dan bisa membanggakan Gampong Kuta Baro, Amin,” sebutnya.

Kepada aceHTrend, Erika Mulyani mengaku bersedia memberikan pelatihan yang sama untuk ibu-ibu di gampong lain, jika memang dibutuhkan.

“Sebagai ibu rumah tangga saya paham arti berhemat, dan saya ingin berbagi pengetahuan tentang membuat sabun cair, semoga makin banyak keluarga yang teratasi problem keuangan bila pandai berhemat, bukankah hemat pangkal kaya, hemat ya bukan pelit, dengan hemat dalam pengeluaran kita bisa memaksimalkan pendapatan untuk keperluan lain, termasuk untuk keperluan beramal,” tutup Erika Mulyani, yang juga Caleg DPRK Banda Aceh, Dapil II Kuta Alam.

KOMENTAR FACEBOOK