Santri Aceh Ikuti Training Jurnalistik di Banda Aceh

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Sekitar 30 orang santri dari berbagai dayah di Aceh, Senin hingga Rabu (25-27/2/2019) mengikuti training jurnalistik yang bertema “The Power Writing, Satu Goresan untuk Sejuta Perubahan” yang digelar oleh Dinas Pendidikan Dayah Propinsi Aceh.

Sejumlah praktisi jurnalistik dan literasi dihadirkan untuk ikut berbagi pengalaman kepada santri. Mulai dari Zulkhairi, Arif Ramdhan dan Muhajir Juli.

Muhajir Juli yang didapuk sebagai pemateri sekaligus instruktur pelatihan selama tiga hari, melatih para santri menulis opini dan feature.

“Secara garis besar mereka sudah mampu menuangkan ideĀ  ke dalam bentuk tersurat. Hanya perlu pembiasaan saja serta memperbanyak bacaan. Bahkan beberapa di antara mereka ada yang sudah mampu menulis dengan baik,” kata Muhajir Juli.

Kepada Dinas Pendidikan Dayah Propinsi Aceh Usamah El Madny, mengatakan dayah sebagai basis keilmuan agama, para santrinya haruslah memiliki ragam kemampuan, termasuk dalam hal kemampuan menulis.

Bila santri sudah mampu menulis dengan benar dan menarik, banyak hal yang kelak bisa dilakukan. Dakwah pun akan semakin mudah dilaksanakan. Syiar Islam akan semakin gampang dipahami oleh umat.