Banyaknya Sampah di Dua Objek Wisata di Tapaktuan Ini Ganggu Keindahan

Tumpukan sampah di lokasi wisata Air Terjun Tingkat 7 Tapaktuan, Aceh Selatan @aceHTrend/Yelli Sustarina

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Dua objek wisata di Tapaktuan, yaitu Air Terjun Tingkat 7 dan lokasi kuliner di kaki Gunung Lampu dipenuhi oleh banyak sampah. Berbagai jenis sampah plastik seperti bungkusan makanan, botol plastik, kulit kelapa, hingga popok bayi dibiarkan berserakan di lokasi tersebut.

Pemandangan tak sedap itu disaksikan aceHTrend saat berkunjung ke dua objek wisata itu pada Sabtu (23/2/2019).

Di lokasi wisata Air Terjun Tingkat 7 contohnya, hampir di setiap tingkatnya terdapat tumpukan sampah di sepanjang jalur anak tangga. Meskipun tersedia tempat sampah di beberapa titik, sampah-sampah bertaburan di sekitarnya. Tempat sampah tersebut sudah penuh dengan sampah yang sepertinya sudah lama tidak diangkut dan menimbulkan bau tidak sedap.

Para pengunjung pun dengan santainya meninggalkan bungkusan makanan mereka tanpa merasa bersalah sama sekali. Akibatnya, sampah menumpuk di mana-mana yang menimbulkan kesan tidak enak di pandang.

Begitu juga dengan tempat wisata di kaki Gunung Lampu, arah menuji lokasi tapak Tuan Tapa. Di pinggiran pantai dipenuhi dengan sampah-sampah kulit kelapa, sedotan plastik, dan plastik bungkusan makanan.

Saat aceHTrend berkunjung ke sana, tampak salah seorang membawa sampah menggunakan angkong atau grek dan langsung membuangnya ke tepi pantai berbatu di kawasan itu. Pemandangan seperti itu lumrah di temukan di sini, bahkan yang membuangnya ialah pedagang yang membuka warung di sekitaran objek wisata tersebut.

Tampaknya kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik di tempat wisata di Aceh Selatan masih kurang, sehingga tempat tersebut tercemar oleh banyak sampah. Semoga ke depan pengelolaan sampah di objek wisata Tapaktuan berjalan dengan baik.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK