Caleg yang Pinter Masak, Erika: “Mamak dan Mertua yang Ajarin…”

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Erika Mulyani, SE, Ak kadung dikenal sebagai pebisnis wanita. Padahal, sosok politisi yang kini menjadi caleg DPRK Kota Banda Aceh di Dapil II Kuta Alam ini, hobi memasak.

Ibu 4 anak dari pasangan Muhammad Iqbal ini terbilang senang dengan semua hal terkait masak. Jadi, tidak heran jika dirinya langsung heboh jika menemukan masakan, apalagi yang bernuansa tradisi.

Di Lhok Nga misalnya, saat berlibur Minggu dengan keluarga, ia justru tertarik dengan menu nasi gurih asam kareng.

“Pingin coba lah masakan dari ibu-ibu Lampaya ini, pasti enak dan asyik,” katanya memberi kabar, Minggu (3/3).

Di status facebooknya, pemilik apotik Ratu Farma ini menulis:

Menikmati pagi dengan sebungkus nasi gurih asam kareng dan kelapa muda. Dengan menunjukan ciri khasnya menu asam kareng, membuat saya sangat tertarik ingin mencobanya.

Ide dari ibu-ibu Lampaya ini menurut saya patut dapat acungan jempol, selain rasanya yang memang enak, komposisi masakan dalam satu bungkus yang tidak dicampur dengan menu lain, membuat kita benar-benar menikmati cita rasa asam kareng itu sendiri.

Cobain deh pasti nagih…

Erika yang pernah menjuarai lomba masak kreasi tradisional ini mengaku memang senang memasak. Minimal, tiga hari sekali dirinya menyempatkan berbelanja di Pasar Peunayong, lalu menyempatkan diri, memasak di dapur rumah.

“Tadi, Ika juga menyempatkan singgah di pasar pinggir jalan, Desa Pulot, Leupung, Aceh besar, tempat segala jenis hasil laut dikeringkan, termasuk kareng,” sebutnya.

Bagi Erika, senang memasak justru menerapkan pola hidup hemat, sekaligus hidup sehat plus bagian dari merawat keakraban keluarga.

“Guru Ika memasak adalah Mamak Ika, jadi mamak yang ajarin Ika,” katanya penuh syukur menjadi perempuan yang tidak melepaskan kesenangan memasak.

Selain mendapatkan ilmu dasar memasak dari ibunya dan juga mertuanya, Erika juga menambah pengetahuan memasak dengan menghadiri beragam acara sehingga sempat belajar langsung dari ahlinya, salah satunya dari Chef Rudi Choirudin. Salah satu hasil uji cobanya adalah masakan kerapu tiga rasa ala Ellysa Chino.

Erika mengaku, memasak adalah kesenangan, bukan soal kewajiban perempuan. Karena itu memasak juga dilihatnya sebagai seni, yang bila dinikmati justru dapat menghilangkan stress karena kerja.

“Jika Ika ke Jepara, bisa lama ndak masuk dapur, dan bila sudah lihat pasar dan dapur langsung semangat lagi, semua lelah, penat, stress jadi sirna, beragam ide masak pun hadir,” tutupnya. []

KOMENTAR FACEBOOK