Pemilih Disabilitas di Aceh Berjumlah 11.601 Orang

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Katahati Institute bekerja sama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar sosialisasi bagi para penyandang disabilitas, juru parkir, para petani, dan nelayan Kota Banda Aceh yang berlangsung di Gedung ITLC Banda Aceh, Senin (4/3/2019).

Komisioner KIP Aceh Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Akmal Abzar, mengatakan KIP Aceh akan mengutamakan dan memfasilitasi pemilih disabilitas agar hak-hak mereka terjamin di pemilihan umum 17 April mendatang.

“Penyandang disabilitas dari berbagai latar belakang tetap dilayani, kami menjamin hak-hak mereka agar tidak dilupakan,” ujar Akmal melalui siaran pers.

Berdasarkan data KIP Aceh, jumlah penyandang disabilitas di Aceh mencapai 11.601 dengan berbagai kondisi. Di antaranya tunagrahita 2.991 orang, tunadaksa 3.212, tunarungu/wicara 1.965, tunanetra 1.536, dan disabilitas lainnya 1.897 orang.

Sementara itu, Direktur Katahati Institute, Raihal Fajri, dalam paparannya mengatakan, masih ada sejumlah persoalan yang terjadi dalam proses pemilu, seperti tempat dan lokasi pemilihan belum dapat diakses untuk kelompok disabilitas meskipun secara regulasi telah diamanahkan.

“Selama ini akses bagi disabilitas masih minim atau merasa kesulitan bagi mereka untuk sekadar ingin menggunakan hak suara di TPS,” ujarnya.

Selain itu, Raihal juga menyarankan bagi penyelenggara pemilu, khusus bagi pemilih disabilitas agar disediakan tenaga pendamping untuk membantu mereka dalam menggunakan hak suaranya.[]

Editor : Ihan Nurdin