Ribuan Warga Rekam e-KTP Massal di Lhokseumawe

@aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Ribuan warga Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara menyerbu lokasi pelayanan administrasi dan pendudukan massal yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) AAC Cunda, Lhokseumawe, Kamis (7/3/2018).

Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari hingga Jumat (8/3), bagian dari Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Kegiatan itu langsung dimotori Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), didukung Diduscapil Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Kepala Bidang Kelembagaaan DRKA, Ade Surya, mengatakan, di tahun ini mereka akan melaksanakan pelayanan administrasi dan pendudukan secara massal di tiga lokasi kota/kabupaten. Sebelumnya mereka melakukan sosialisasi baru kemudian dilakukan rekam jejak.

“Di minggu pertama bulan April sebelum tanggal 17 April 2019, DRKA akan mengadakan kegiatan tersebut di Kota Langsa dengan melibatkan Kabupaten Aceh Timur serta Aceh Tamiang,” katanya.

Ade menambahkan, data kependudukan sangat penting dan digunakan untuk berbagai aspek pembangunan, karena itu harus akurat.

“Kita juga mendukung manfaat dari dokumen kependudukan ini pembangunan demokrasi menjelang pemilihan pemilu dan pilpres 2019 nanti,” katanya.

Target utama mereka yakni rekam cetak KTP baru untuk para pemula yang belum pernah mencetak. Meskipun demikian mereka juga melayani bagi masyarakat yang sudah hilang KTP dan KTP rusak. Bahkan pihaknya juga melayani mencetak KK dan akte kelahiran.

“Tingkat kepemilikan e-KTP di Aceh sudah mencapai 91 persen dari sekitar 3,4 juta penduduk, jadi masih ada 9 persen atau sekitar 300 ribu warga yang belum memiliki KTP, mungkin ada yang sudah memiliki surat keterangan namun belum dikembalikan ke pihak Didukcapil. Jadi sebelum pemilihan kita menargetkan sudah 100 persen warga memiliki e-KTP,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK