UMMA, Transportasi Online Berbasis Android Khusus Perempuan Hadir di Banda Aceh

Ilustrasi

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dalam rangka Hari Perempuan Internasional, Natural Aceh meluncurkan platform aplikasi jasa transportasi online berbasis Android khusus perempuan. Aplikasi yang diberi nama UMMA ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2019.

Saat ini, UMMA hanya baru beroperasi di Kota Banda Aceh dan sekitarnya. UMMA bertujuan melengkapi menu sarana transportasi di Banda Aceh  yang telah sebelumnya dimasuki oleh beberapa aplikasi sejenis tentu saja becak, labi-labi, dan Trans Kutaraja adalah bagian lain dari sistem itu.

Ketua Natural Aceh, Zainal Abidin Suarja, mengatakan, sebagai sebuah program social enterprise lokal, platform ini menggabungkan teknologi, kearifan lokal, dan budaya setempat dalam balutan teknologi yang diharapkan memberikan pengalaman berkendera lebih nyaman bagi kaum perempuan di Banda Aceh.

Natural Aceh yang mengoperasikan UMMA menganggap bahwa ada kebutuhan yang tidak bisa dielakkan seiring dengan berubahnya budaya, sikap, serta cara berpikir perempuan di Banda Aceh.

“Natural Aceh menggangap penting menjaga serta mengawal perubahan positif ini. Dengan nilai, dasar, dan makna penghargaan perempuan dalam semua sisi (religius, sosial, kenyamanan, estetika, dan ekonomi) maka menjaga dan memuliakannya adalah hal penting,” ujar zainal Abidin Suarja melalui siaran pers yang diterima aceHTrend (12/3/2019).

Sebelumnya, Natural Aceh sendiri pada tahun 2016 telah meluncurkan Becak Argo sebuah inovasi sarana transportasi lokal berbasis budaya dan kearifan lokal dengan sentuhan teknologi.

Manajer Program UMMA, Devrina Putri, mengatakan, bahwa UMMA berasal dari bahasa Arab yang artinya “ibuku” (namun dengan rasa yang lebih sopan). Nama ini diharapkan menjadi standar kualitas para tim UMMA (pengemudi) dalam memberikan pelayanan jasanya baik kepada yang lebih muda (berperan sebagai ibu) atau kepada yang lebih tua (menganggap seperti ibu sendiri).

Seperti aplikasi sejenis, para pelanggan tinggal mengunduh UMMA Pesan Antar di Playstore dan bisa langsung menggunakan untuk memesan sepeda motor dan mobil yang tentunya dikemudikan oleh para perempuan.

“Insyaallah para penumpang perempuan di Banda Aceh akan merasakan kenyamanan dan ketentraman hati karena mereka satu kenderaan dengan kaumnya. Selain akan memberikan dampak positif bagi pemberlakukan syariat Islam di Aceh, UMMA diharapkan juga dapat mendorong pariwisata islami yang positif di daerah urban,” ujarnya.

Karla Amelia, dari manajemen UMMA berharap jika masyarakat kesulitan mengunduh atau menemukan aplikasi tersebut, dipersilakan menghubungi call center di 0651 361 3076 (whatsapp).[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK