APK dan Atribut Partai Hiasi Fasilitas Umum di Abdya

APK di sekitar kawasan masjid @aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Atribut partai politik dan alat peraga kampanye (APK) calon kontestan pemilu 17 April 2017 mendatang terlihat terpasang dan menghiasi sejumlah fasilitas umum di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Amatan aceHTrend Rabu (13/3/2019), terlihat bendera partai politik menghiasi salah satu jembatan di Abdya. Tidak hanya atribut partai, ternyata APK calon presiden yang melanggar aturan juga masih ditemui di Jalan Iskandar Muda, Gampong Keude Paya, Kecamatan Blangpidie.

Menanggapi hal tersebut, Kordiv Penindakan Pelanggaran Panwaslih Abdya, Rahmah Rusli, membenarkan bahwa masih adanya pemasangan atribut partai dan APK calon peserta pemilu yang melanggar ketentuan.

“Sebenarnya pemasangan atribut partai dan APK di fasilitas umum itu sangat jelas melangar aturan, dan kami dari Panwaslih jauh-jauh hari telah memberitahukan hal tersebut kepada partai dan peserta pemilu, bahwa harus taat aturan,” ungkapnya.

Rahmah mengatakan, seharusnya setelah diberi tahu tentang aturan-aturan tersebut, hendaknya  para peserta pemilu dan pengurus partai politik tidak lagi memasang atribut partai dan APK calon di tempat yang menjadi fasilitas umum seperti di tempat ibadah, jembatan, sekolah, tiang listrik, dan di pasar.

Menurutnya, pihak Panwaslih tidak punya wewenang untuk menurunkan atribut partai dan APK yang melanggar aturan, karena yang berhak menurunkan tersebut adalah pihak pemerintah daerah yang dibantu oleh pihak Panwaslih.

“Tugas kita hanya merekomendasikan kepada pemerintah daerah dan yang berhak menindak adalah pemerintah daerah dalam hal ini Satpol PP,” jelasnya.

Rahmah menjelaskan, sejauh ini pihaknya bersama Satpol PP Abdya telah menindak APK dan atribut partai yang melanggar aturan pada Januari lalu.

”Pernah kita melakukan penindakan terkait adanya APK yang melanggar itu satu kali, selebihnya belum,” paparnya.

Ia berharap, kepada seluruh peserta pemilu untuk taat aturan saat menempatkan APK-nya di tempat tidak terlarang karena yang  diinginkan adalah berjalannya pemilu dengan lancar dan kota pun tertata dengan rapi tanpa dihiasi atribut partai  yang semraut.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK