BPBK Abdya Bersihkan Sampah di Jembatan Pulau Kayu

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (Abdya) bersama tim relawan dari Tagana, RAPI, SAR, dan Muspika Kecamatan Susoh membersihkan sampah-sampah di bawah jembatan Gampong Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, Kamis (14/3/2019).

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin, mengatakan, tumpukan sampah yang tersangkut di tiang jembatan karena terbawa arus saat banjir. Saat banjir terjadi debit air yang tinggi membawa batang bambu dan pohon kayu yang tumbang. Pembersihan dilakukan secara manual serta menggunakan perahu karet sebagai akses di sungai.

“Dalam kegiatan ini, selain membersihkan secara manual, petugas kita juga menurunkan perahu karet,” ujar Amir di lokasi pembersihan.

Aksi bersih-bersih yang dilakukan pihaknya bersama relawan karena adanya laporan dari masyarakat terkait banyaknya sampah yang menumpuk di bawah jembatan Pulau Kayu yang dibawa oleh arus sungai Krueng Beukah.

“Kita khawatir, jika tumpukan sampah tidak dibersihkan dengan segera, yang kita takutkan akan menyebabkan hal-hal yang lebih fatal lagi nantinya,” katanya.

Sewaktu-waktu bila hujan lebat bukan tak mungkin sampah-sampah itu akan terseret ke pemukiman warga.

“Kita berharap dengan kegiatan ini bisa mengantisipasi terjadinya banjir luapan karena terhambatnya arus sungai,” paparnya.

Menurut Amir, selain terjadinya banjir akibat penumpukan sampah dengan volume besar, efeknya juga akan berisiko terhadap konstruksi jembatan dan jalan yang ada di pinggiran Krueng Beukah.

“Kita juga berharap masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai, karena sampah yang kita buang ke sungai juga akan membuat aliran air menjadi tersumbat, sehingga menyebabkan bencana banjir,” pesan Amiruddin.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK