Aktivis Peduli Orangutan Gelar Aksi Solidaritas untuk Hope

Sejumlah penggiat lingkungan hidup Aceh, melakukan aksi damai dalam rangka mendesak agar pelaku penembakan terhadap orangutan Hope, segera dihukum, JUmat (15/3/2019). @Taufanmustafa/aceHTrend.

ACEHTREND.COM,Banda Aceh-Koalisi Peduli Orangutan Sumatera, Jumat sore (15/3/2019) menggelar aksi damai di Simpang Lima Banda Aceh. Mereka menuntut penegakan penegak hukum menangkap dan menghukum pelaku penembakan terhadap Hope, induk Orangutan yang ditemukan sekarat di Subulussalam, beberapa hari lalu.

Aksi yang dihadiri puluhan pemerhati orangutan itu, merupakan gabungan dari Forum Orangutan Aceh, Eart Hour, Rumoh Tranparansi, Sahabat Alam Lestari (SALi). Pada aksi itu, mereka turut melakukan teatrikal orangutan.

Koordinator Aksi Nuratul Faizah mengatakan, kondisi Hope saat ini kritis, dengan luka di tangan, kaki, jari tangan, serta mata, akibat ditembak secara brutal dengan senapan angin oleh pelaku yang tidak memiliki moral.

“Aksi pelaku seperti ini akan sangat mengancam keberadaan orangutan Sumatera yang jumlahnya memang terus menciut dari waktu ke waktu,” katanya.

Sekjen LSM-FORA, Idir Ali mengecam keras penyiksaan orangutan Sumatera, dan berharap kepada seluruh masyarakat aceh harus mengubah pola pikir.

“Orangutan bukanlah hama, akan tetapi satwa endemik yang harus dilindungi karena keberadaan hanya ada di Indonesia. Salah satunya di Aceh, Bila ada orangutan masuk ke kebun warga, laporlah ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh,” katanya.

Untuk pelaku pemenembakan terhadap Hope, ia berharap dihukum berat.

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK