Bupati Abdya Buka MTQ VII di Masjid Agung

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pembukaan (MTQ) VII Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) resmi dibuka Bupati Kabupaten Abdya, Akmal Ibrahim, yang berlangsung di Masjid Agung Abdya di Gampong Senoleh, Blangpidie, Jumat (15/3/2019).

Akmal mengatakan, Masjid Agung itu nantinya harus menjadi pusat kegiatan umat, termasuk kegiatan pemerintahan. Selain itu, masyarakat Abdya harus merasa memiliki dan mau menggunakan masjid sebagai pusat kegiatannya.

“Saya ingin semua kebaikan-kebaiakan berawal dari masjid, bila perlu rapat keujruen pun di sini, itu bila perlu. Artinya semua kebaikan harus berawal dari masjid, karena kebaikan ini merupakan perintah Allah. Maka nantinya, masjid ini nantinya akan punya agenda-agenda kegitan tetap, seperti kita lihat di Masjid Nabawi di Madinah, itu disudut-sudut masjid ada pengajian kitab kuning, ada pengajian Quran dan sebagainya,” terang Akmal.

Akmal mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana atas pilihan Masjid Agung sebagai pusat MTQ VII.

“Alhamdulillah pilihan pelaksanaan MTQ kali ini oleh panitia berlokasi di Masjid Agung sangat tepat, ini luar biasa, meskipun pembangunan masjid belum selesai, tapi sudah dimanfaatkan untuk kebaikan-kebaikan kita bersama,” paparnya.

Akmal menuturkan, Alquran sebagai sumber pedoman dalam kehidupan sehari-sehari, Alquran juga sebagai inspirasi dan pengetahuan, karena itu Alqran tidak habis-habisnya dibahas dan dikaji, sehingga Alquran dapat dipahamai dari segala sisinya.

“Alhamdulillah, tradisi mempelajari Quran terus hidup, kita berharap MTQ kali ini menjadi inspirasi kita untuk mengulang, membuka, membaca dan mengkaji Alquran. Kemudian, MTQ ini tentu tidak sekadar mempertandingkan membaca Quran. Namun MTQ ini lebih bagaimana kita bisa menikmati bacaan-bacaan indah dan benar, dan di sini juga diajarkan tafsir Quran dengan berbagai pemahamannya,” pungkas Akmal.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Amrizal dalam laporannya menyampaikan, MTQ VII dilaksanakan atas dasar Keputusan Bupati Aceh Barat Daya Nomor: 122 Tahun 2019 tentang pembentukan panitia penyelenggara MTQ VII tingkat Kabupaten Aceh Barat Daya.

Amrizal menyebutkan ada enam cabang yang akan diperlombakan, yakni Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, dan Menulis Makalah Al-Quran (MMQ).

“Acara ini akan kita laksanakan mulai dari malam ini hinga 19 Maret 2019,” ujarnya.

Secara keseluruhan, peserta lomba sebanyak 307 orang. Untuk lokasi, selain di Masjid Agung juga dilaksanakan di Masjid At-Taqwa Muhammadiyah, Kantor Bappeda, dan MAN 1 Blangpidie.

“Harapan kita semoga pelaksanaan MTQ VII ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apa pun, kita juga berharap agar masyarakat Abdya untuk terus menghadiri dan menyaksikan penampilan-penampilan terbaik putra-putri Abdya dalam acara MTQ ini,” ajak Amrizal.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK