Disdukcapil Aceh Singkil Rekam e-KTP ke Sekolah dan Kampus

ACEHTREND.COM, Singkil – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Singkil sejak Senin (13/3) lalu hingga beberapa hari ke depan mendatangi sekolah-sekolah.

Kedatangan Disduk-capil ke sekolah itu, kata Kepala Disduk-capil melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Drs Syamla kepada aceHTrend, Sabtu (16/3/2019) untuk melakukan perekaman e-KTP kepada siswa SMA yang berusia 17 tahun ke atas.

“Kegiatan itu sebagai program ‘jemput bola’ Disdukcapil guna memastikan semua warga yang sudah memasuki 17 tahun telah memiliki KTP elektronik,” ungkap Drs Syamla.

Syarat perekaman e-KTP ini, tambah Syamla, siswa hanya menunjukkan foto kopi kartu keluarga (KK) atau akte kelahiran. Kemudian langsung dilakukan pendataan.

Setelah pendataan, lalu perekaman berupa pola iris mata, sidik jari, dan tanda tangan dengan perangkat scanner biometrik.

“Setelah perekaman, e-KTP langsung jadi. Dan bisa langsung dikantongi siswa,” ujar Syamla.

Program ini, jelas Syamla, tidak saja masuk ke sekolah-sekolah tetapi juga menyambangi kampus-kampus.

Di kampus-kampus tersebut, juga akan disosialisasikan Gisa (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk).

“Kita terus mendatangi sekolah dan kampus sesuai jadwal. Ingin maksimalkan perekaman e-KTP. Warga yang memiliki hak pilih pada pemilu 17 April 2019,  dipastikan bisa menggunakan e-KTP ini,” kata Syamla.

Husna S Pd, salah seorang guru SMA Negeri 1 Gunung Meriah, Aceh Singkil yang hari ini, Sabtu (16/3) giliran sekolahnya mendapat pelayanan mengatakan, program Duk-Capil Goes to school ini sangat bagus.

Siswa-siswa sangat diuntungkan, Adanya program ini mereka tidak mesti jauh-jauh lagi mendatangi kantor Duk-capil dan antre di Ibukota kabupaten.

Bagi siswa yang telah berusia 17 tahun ke atas KTP sangat penting. Di samping keperluan pendataan ikut pemilu juga untuk mengurus, SIM, SKCK dan dokumen lainnya.

“Sekolah sangat mendukung program Duk-capil Goes to School ini,” pungkas Husna.[]

KOMENTAR FACEBOOK