Senator Ghazali Abbas Adan Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

ACEHTREND.COM, SINGKIL- Senator Ghazali Abbas Adan di hadapan 150 orang tokoh masyarakat, pelajar, dan mahasiswa, mensosialisasikan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika).

Dalam kegiatan yang digelar di Aula Gedung Pertemuan Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, Ahad (17/3/2019) itu, Ghazali Abbas Adan mengatakan, empat pilar kebangsaan harus disosialisasikan kepada warga.

Bukan saja saat mau mendekati pemilu, seperti sekarang ini. Melainkan dalam kesempatan-kesempatan lain.

“Kita ingin nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan itu benar-benar sampai kepada warga,” ungkapnya.

Sebab kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, tambah Ghazali Abbas, merupakan tuntutan regulasi, seperti UU No 17 tahun 2014 jo UU No 42 Tahun 2014, Peraturan MPR RI No 1 tahun 2014, dan Inpres No 6 tahun 2005.

Warga negara Indonesia harus mengetahui, memahami dan mengamalkan butir-butir yang tertuang di dalam empat pilar kebangsaan itu.

Untuk itu, kata anggota DPD mewakil Aceh ini, kegiatan tersebut harus dilaksanakan oleh badan pemerintah, organisasi dan lembaga-lembaga resmi lainnya.

“Saat ini sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada warga dilaksanakan pihak DPD bekerja sama dengan Dewan Dakwah Islam Indonesia,” ucap Ghazali.

Materi empat pilar kebangsaan yang dipaparkan Ghazali, sangat memukau. Peserta terlihat sangat antusias mendengarkannya.

Karena dalam paparannya, Ghazali tidak saja lihai menguraikan isi Pancasila, UUD, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Tetapi ia juga sangat piawai mengaitkan hal tersebut dengan ayat-ayat al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad Saw serta dengan situasi ke kinian.

Malah tidak jarang, Senator Ghazali Abbas Adan menyelinginya dengan  menyanyikan syair-syair berirama Padang Pasir dan pepatah arab.

Dalam kesempatan itu, tampil juga nara sumber lain, yaitu Ilvi Rahmi, Plt Asisten III Setdakab Aceh Singkil mewakili bupati dengan materi Toleransi dan Keberagaman Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Sedangkan pemateri lain, DR Tengku Hasanuddin Yusuf Adan dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang mengusung tema UUD Tahun 1945 Dari Masa Ke Masa.

Dalam kesempatan itu, Ghazali Abbas Adan membagikan sejumlah buku kepada peserta.

Ada buku Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan buku “Suara Pro Rakyat dan Cinta Damai: Ghazali Abbas Adan Vs Fasisme”. Buku terakhir ini, berisi berbagai tulisan berkaitan dengan Aceh setebal 864 halaman.

Selain dihadiri tokoh masyarakat, turut hadir pula mewakili Kodim 0109 Singkil dan mewakili Kapolres, Plt Asisten III Setdakab Aceh Singkil, Camat Gunung Meriah, pelajar, dan mahasiswa.[]



KOMENTAR FACEBOOK