Muslizar: Alquran Menciptakan Generasi Cerdas dan Berakhlak Mulia

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Abdya Muslizar MT mengatakan, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan harus diimbangi dengan peningkatan iman dan pengetahuan isi dari kandungan Alquran, serta pengetahuan agama. Dengan begitu, akan tercipta generasi-generasi yang cerdas dan berkualitas serta berakhlak mulia.

Di samping itu, sambung Muslizar, juga untuk menumbuhkan rasa kencintaan dan menggairahkan masyarakat agar senantiasa memahami Alquran sebagai pedoman hidup umat manusia. Tak hanya digelorakan saat ada event MTQ saja, tetapi harus dijadikan sebagai kebutuhan bagi umat Islam.

“MTQ ini merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda Pemerintah Aceh Barat Daya dan telah melekat dalam kultur masyarakat kita. Namun hal tersebut jangan dianggap hanya sebagai tradisi pada tiap-tiap daerah tanpa ada pesan-pesan dakwah dan syiar Islam. Di setiap event penyelenggaraan MTQ seperti yang telah kita laksanakan beberapa hari dan malam ini, sepatutnya kita untuk senantiasa memperbaharui dan memantapkan nawaitu kita di hadapan Allah Swt, bahwa menyelenggarakan MTQ adalah dalam rangka ibadah dan menghidupkan kalam Allah Swt,” ungkap Muslizar dalam saat menutup MTQ VII Abdya, Selasa malam (19/3/2019).

Muslizar mengatakan, kegiatan religius dan sarat dengan syiar Islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat.

Untuk itu, kata Muslizar, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah, agar penyelenggaraan kegiatan MTQ ini memberi bekas dan pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat Abdya ke depannya.

“Sehingga atas dasar itu, beberapa malam belakang, saya memberanikan diri untuk menutup pasar malam yang ada di Pulau Kayu, agar masyarakat dapat meramaikan dan memeriahkan pelaksanaan MTQ ini, supaya kita dapat menambahkan kecintaan kita terhadap kitab suci Alquran,” terang Muslizar.

Dalam kesempatan itu, Muslizar atas nama pemerintah daerah berjanji akan memberikan beasiswa penuh kepada hafiz dan hafizah yang mampu menghafal Alquran untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, baik ke Turki, Mesir, dan negeri-negeri Islam lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin