Kelompok Budi Daya Tiram Gampong Tibang Panen Perdana

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dalam rangka pemberdayaan perempuan, Pemerintah Kota Banda Aceh merealisasikan beberapa program kegiatan, salah satunya adalah program Kelompok Budidaya Tiram di Gampong Alue Naga, Syiah Kuala.

Program yang dilaksanakan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan ini berhasil memberikan terobosan baru bagi warga sekitar yang menongkah kerang dan telah menuai panen pertamanya. Sebagian besar dalam hal ini pelakunya adalah kaum ibu-ibu.

Dalam kunjungannya pada Senin, 19 Maret 2019, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama Wakil Wali Kota Zainal, dan di dampingi juga Asisten III Bachtiar, beserta sejumlah SKPK, meninjau langsung hasil panen pertama salah satu dari tiga kelompok yang ada di gampong itu.

“Ini adalah tahap percontohan, ke depannya akan kita kembangkan lebih besar lagi,” ungkap Aminullah.

“Berawal ketika sebelum saya menjabat sebagai wali kota Banda Aceh, saya selalu melihat hal ini (penongkah tiram) saat melintas daerah Alue Naga. Salah seorang warga bertanya kepada saya apa solusinya agar mereka tidak seperti ini lagi, ini sudah ratusan tahun katanya,” tambahnya.

Kata Aminullah, berawal dari itu pihak Pemko melakukan studi banding ke Jepang, guna mengembangkan budidaya tiram tersebut.

“Hasilnya sangat memuaskan. Hari ini kita lihat sendiri di keramba ini sudah menuai hasil yang lebih baik dibandingkan dengan cara sebelumnya (berendam), sudah tiga kali lipat dari hasil biasanya,” jelas Aminullah.

Aminullah mengharapkan agar masyarakat yang tinggal daerah pesisir memberikan dukungan terhadap progam Pemko itu. “Kita harapkan ke depannya panen akan dilakukan pada level yang besar, panen bisa dilakukan setiap pekannya bahkan bisa setiap hari dengan bertambahnya juga volume keramba ini,” kata Aminullah.

Di tempat yang sama, Mukhrami selaku ketua kelompok budi daya tiram menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banda Aceh atas partisipasinya.

“Alhamdulillah program ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi di sini, dari hasil panen ini nanti kita berikan kepada ibu-ibu yang bekerja menongkah tiram itu,” ungkapnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK