Gaet Partispasi Pemilih, KIP Banda Aceh Sosialisasi ke Santri hingga Penyintas Kanker

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu mendatang.

Salah satu upaya ini dilakukan oleh KIP Banda Aceh dengan mengunjungi tiga basis pemilih, yaitu Dayah Madinatul Fata Banda Aceh, Yayasan Rumoh Singgah Kanker, dan penyandang disabilitas, Sabtu (23/3/2019).

“Sosialisasi ini kita lakukan secara masif sejak beberapa bulan lalu, dari mulai segmen pemilih strategis, seperti pemilih pemula, perempuan, hingga para penyandang disabilitas, santri, bahkan penderita kanker,” kata Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady.

Di hadapan para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Pusat Pemilihan Umum Akses Disabilitas (PPUA) Indra menegaskan, komitmen KIP Banda Aceh untuk meningkatkan pelayanan kepada pemilih disabilitas pada 17 April mendatang.

“Sosialisasi ini penting kami lakukan, untuk meningkatkan pemahaman para penyandang disabilitas tentang pemilu, dan kami ingin pastikan bahwa penyandang disabilitas memiliki kemudahan dalam mengakses TPS. Para penyandang disabilitas tidak perlu dibuat TPS khusus, karena pada dasarnya mereka ingin diperlakukan sama dengan pemilih lainnya,” ujar Indra.

Indra juga menyampaikan sejumlah informasi terkait pemilu. Misalnya, akan ada lima surat suara yang dicoblos, perbedaan kode warna setiap surat suara, hingga calon-calon yang dapat dipilih di pemilu mulai dari DPRK, DPRA, DPRA, DPR RI, DPD hingga capres-cawapres.

Hal tersebut juga disampaikan Divisi Teknis Pemilu KIP Banda Aceh Hasbullah Yunur, sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman sekaligus diskusi terkait kepemiluan dan masalah apa saja yang dihadapi para santri dan penyintas kanker menjelang pemilihan umum 2019.

“Kita ingin pemilu kita menghasilkan pemimpin dan legislatif yang terbaik, dan legitimate, artinya ada peran partisipasi masyarakat termasuk kalangan santri untuk mewujudkan itu,” kata Hasbullah.

Ia juga mengimbau bagi warga agar menjadi pemilih yang rasional, tidak mudah terpancing kampanye hoaks, hingga menolak tegas segala bentuk politik uang, dan pada akhirnya memilih untuk tidak golput dalam menentukan masa depan bangsa.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK