Tim Fingertalk Indonesia Peringkat Pertama Kompetisi One Beppu Dream Award 2019

Dissa Syakina (berkerudung) bersama para finalis lainnya @ist

ACEHTREND.COM, Beppu – One Beppu Dream Award 2019 adalah program yang diadakan oleh Pemerintah Kota Beppu untuk membantu para pemimpi mewujudkan mimpinya di Kota Beppu, Jepang. Sistemnya cukup unik, semua finalis diberikan kesempatan untuk presentasi mimpinya mereka di hadapan 100 investor dari perusahaan-perusahaan di Perfecture Oita dan masyarakat Kota Beppu yang nantinya akan memberikan uang mereka untuk mewujudkan mimpinya.

Tim Fingertalk Indonesia terpilih menjadi salah satu dari enam tim dari total 92 tim yang ikut kompetisi. Enam tim ini mempresentasikan idenya di babak final di depan para juri dan masyarakat Kota Beppu pada tanggal 23 Maret 2019. Fingertalk menjadi satu-satunya tim yang berasal dari Indonesia.

Dissa Syakina selaku Founder Fingertalk berharap semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya dan menjalankan hidup. Dengan mengikuti kompetisi ini Dissa berharap bisa menyebarkan semangat inklusi, dapat memberikan kesempatan yang lebih banyak bagi penyandang disabilitas, meningkatkan kepedulian masyarakat Jepang terhadap isu-isu sosial sekaligus ingin menjembatani persahabatan antara Indonesia dan Jepang.

“Cafe Tuli ini yang nantinya akan menjadi tempat komunitas tuli di Jepang terutama di Oita Perfecture berkumpul dan berkarya. Sekaligus juga menjadi tempat untuk memperkenalkan kuliner khas Indonesia dan kebudayaan Indonesia. Cafe ini nantinya akan jadi cafe tuli pertama dengan masakan Indonesia di Jepang,” kata Dissa kepada aceHTrend, Minggu (24/3/2019).

Ternyata konsep ini menarik perhatian para donatur yang datang dan juga yang ikut mendonasikan dananya lewat aplikasi online. Tim Fingertalk berhasil mendapat peringkat pertama di kompetisi dengan capaian donasi 1 juta yen.

Selama ini Fingertalk fokus untuk pemberdayaan pemuda-pemuda yang memiliki kebutuhan khusus seperti tuli dan disabilitas lainnya. Tim Fingertalk telah membuka empat buah kafe yang berada di Pamulang (Banten), Cinere (Jawa Barat), Poso (Sulawesi Tengah), dan Kebumen (Jawa Tengah).[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK