Pintu Gerbang Kampus Dilas, Mahasiswa Tuntut Ketua STAIN Meulaboh Mundur

ACEHTREND.CO, Meulaboh- Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh, Selasa (26/3/2019) menggelar unjuk rasa di halaman kampus setempat. Selain menyerahkan poin tuntutan, mahasiswa juga membawa mesin las listrik guna menyegel pintu gerbang kampus tersebut.

Salah satu tuntutan mahasiswa mendesak Dr.Inayatillah, ketua STAIN terpilih, agar mundur dari jabatan secara terhormat. Mahasiswa menilai proses perekrutannya sebagai ketua beberapa bulan lalu cacat hukum.

Koordinator Lapangan, Mukhtarudin Pakeh, dalam orasinya menyatakan aksi mahasiswa tersebut merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap permasalahan di kampus.

Menurut Mukhtarudin, permasalahan yang terjadi di STAIN saat ini merupakan masalah besar yang harus diselesaikan secara tuntas oleh pihak terkait, guna mengembalikan nama baik kampus itu.

“Ini besar masalahnya. Dapat mencemarkan nama baik kampus. Maka masalah ini harus diselesaikan secara tuntas. Apabila kasus ini tidak diselesaikan kami tidak akan bubar dari aksi massa,” kata Mukhtarudidin.

Mukhtar menjelaskan, tiga poin utama tuntutan mahasiswa, yang pertama meminta KPK mengusut dugaan jual beli jabatan pada proses perekrutan Ketua STAIN periode 2019-2023. Mendesak Ketua STAIN terpilih segera mundur dari jabatan, dan seluruh civitas akademika menghentikan proses belajar mengajar selama masalah ini belum selesai.

“Kami pingin tahu di mana kejangalannya. Kalau memang Ibu Ketua benar, maka buktikan dengan KPK. Padahal beliau tahu bahwa hari ini ada aksi di kampus tapi kenapa masih pergi ke Jakarta. Maka kami segel kampus karena kami butuh ketua yang bersih dari dugaan apapun,” katanya.

Permasalahan ini mulai pecah setelah pernyataan Prof. Mahfud MD di acara ILC, bahwa ada kejanggalan saat pemilihan Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, pemilihan Rektor UIN Makassar, termasuk pemilihan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Sementara itu, Ketua STAIN Meulaboh belum bisa dihubungi. Menurut informasi yang bersangkutan sedang di luar daerah.

KOMENTAR FACEBOOK