Petugas Parkir di Blangpidie Dapat Seragam Baru dari Dinas Perhubungan

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sebanyak 20 petugas parkir di Blangpidie, Aceh Barat Daya mendapat seragam baru dari Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Barat Saya sebagai kelengkapan kerja di lapangan.

“Seragam diberikan oleh pemerintah daerah ini berupa baju rompi parkir, peluit, topi, dan baju hujan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Abdya, Rahwadi, Kamis, (28/3/2019).

Dengan adanya seragam resmi tersebut, masyarakat diharapkan bisa membedakan antara petugas parkir resmi dengan yang ilegal.

“Setelah semua seragam baru itu kami bagikan, masing-masing mereka menandatangani surat perjanjian kerja pengelolaan parkir di tepi jalan umum dalam kawasan Kota Blangpidie,” ujarnya.

Rahwadi mengatakan, lokasi parkir yang ditempatkan oleh para petugas tersebut berada dalam kawasan Kota Blangpidie, yakni di Jalan Pramuka, Jalan Haji Ilyas, Jalan Pasar Baru, Jalan Perdagangan, Jalan Selamat, Jalan Pahlawan, Jalan Central, dan Jalan At-Taqwa.

“Penempatan petugas parkir di jalan-jalan tersebut kita lakukan sesuai dengan Qanun Kabupaten Abdya Nomor 7 tahun 2012 tentang Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum dan Peraturan Bupati Nomor 246 tahun 2014 tentang Penetapan Upah Pungut Petugas Parkir,” jelasnya.

Rahwadi menjelaskan, besaran pemungutan biaya parkir yang dilakukan oleh para petugas parkir kepada pengendara sepeda motor atau kendaraan roda dua sebesar Rp1.000 per unit, sementara kendaraan roda empat sebesar Rp2.000 per unit dan roda enam sebesar Rp4.000 per unit. 

“Jadi, sebagaimana Peraturan Bupati dan Qanun Abdya tersebut, upah petugas dalam memungut parkir sebesar 40 persen. Sisa 60 persen lagi disetor itu untuk pendapatan asli daerah (PAD),” pungkas Rahwadi.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK