Senyum Abu Tanjong Bungong dan Bang Leman di Rumoh Aceh

Sulaiman Abda dan Abu Tanjong Bungong @aceHTrend/Taufik Ar-Rifai

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Rumoh Aceh milik Sulaiman Abda terlihat agak ramai, Jumat (29/3/2019). Sejumlah pria baya dan kaum emak-emak terlihat di setiap sudut. Namun kali ini, kediaman politisi Golkar ini kedatangan seorang tamu istimewa, yaitu Tgk H. Abdullah Ibrahim. Kedatangan sosok ulama karismatik yang akrab disapa Abu Tanjong Bungong ini langsung disambut hangat oleh Sulaiman Abda beserta dua putranya, Mirza Safwandi dan Ahmad Kemal Pasha.

“Neupiyoh Abu,” ujar Sulaiman Abda atau akrab disapa Bang Leman seraya menyalami dan memeluk Abu Tanjong Bungong.

Seraya menyeruput segelas kopi arabika, ulama kharismatik asal Ulee Glee, Pidie Jaya itu terlihat banyak berbicara soal kekinian tentang perkembangan Aceh, khususnya tentang pendidikan ilmu falaq.

Ini bukan pertama kali Abu Tanjong Bungong bersilaturahim ke kediaman Bang Leman. Pasalnya, pimpinan Dayah Babul Ulum Diniyah Islamiyah (BUDI) Tanjong Bungong, Ulee Glee, Pidie Jaya ini sudah menganggap Bang Leman sebagai adiknya sendiri. Bahkan, Abu Tanjong Bungong juga menjadi saksi pernikahan dirinya dengan Mustika Hayati, awal September 2017 lalu.

“Ada rasa kekaguman saya terhadap Abu. Beliau sering menasihati dan sekaligus memberikan saran-saran positif kepada saya, baik selama masih mengabdi di Unsyiah maupun saat duduk di kursi DPR Aceh. Intinya, beliau sudah mengenal dekat tentang kepribadian saya dan bahkan sudah menggangap saya sebagai adiknya sendiri,” ujar Sulaiman Abda.

Tgk. H. Abdullah Ibrahim merupakan salah satu ulama karismatik Aceh. Sosok yang akrab disapa Abu Tanjong Bungong ini merupakan pimpinan Dayah Babul Ulum Diniyah Islamiyah (BUDI) Tanjong Bungong, Ulee Glee, Pidie Jaya. Di kalangan masyarakat Aceh, Abu Tanjong Bungong dikenal sebagai salah satu ulama yang menguasai ilmu falaq. Sosoknya yang sederhana dan tutur katanya yang lembut ini mampu menguasai ilmu perhitungan bulan serta tata letak arah kiblat secara sempurna.

Abu Tanjong Bungong juga dikenal memiliki keahlian mengoperasikan alat Rukyatul Hilal. Selain itu, ia juga  menguasai isi kitab Majmul Al-Falati atau Zahwatul Qubra karangan Allahyarham Tgk Muhammad Ali atau Abu Teupin Raya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK