Air Mata Haru Sang Marbot Mesjid

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- kala menjawab sejumlah pertanyaan wartawan, Sabtu (30/3/2019) mulutnya bergetar. Bulir air mata membulat di sudut mata. Lewat sedekah Surya Paloh, pria berusia nyaris 60 tahun itu akhirnya berkesempatan bertemu Baitullah.

Namanya T. Ilyas, marbot (bileu, red) Mesjid Al-Falah Lampineung, sudah bermimpi umrah sejak 20 tahun lalu. Puluhan tahun ia menabung, demi mencapai maksud hati agar bisa menunaikan umrah. Ia rindu kepada Baitullah.

Seusai shalat, marbot yang dikenal sangat telaten dan berakhlak mulia itu, selalu berdoa agar Allah memberikan dirinya kesempatan ke tanah suci. Semangatnya tak pernah pudar, semakin usianya senja, semakin pula keinginan itu menggebu-gebu. Tapi, tabungannya belum mencukupi.

Hingga suatu hari, Ketua DPW NasDem Propinsi Aceh, H. Zaini Djalil, SH., bercakap-cakap dengan seorang jamaah Al Falah yang bernama Jamal, tentang rencana H. Surya Paloh yang punya rencana pribadi mengumrahkan 100 ulama, pimpinan dayah, dan pengurus mesjid. Jamal yang tahu mimpi Ilyas, segera meminta agar nama yang bersangkutan dimasukkan dalam salah seorang jamaah umrah dimaksud. Zaini setuju.

***
Kala diberitahukan tentang kabar bahagia itu Ilyas segera sesenggukan. Ia terharu. Allah telah menjawab doanya melalui kebaikan hati Surya Paloh. Ia tak henti-hentinya mengucapkan syukur.

Para panitia dari NasDem Propinsi Aceh pun mengurus semua persyaratan yang dibutuhkan. Tak butuh waktu lama, segala administrasi itupun kelar diurus. Ilyas sekali lagi menghela nafas lega.

“Allah telah menjawab doa saya melalui Pak Surya Paloh dan Pak Zaini NasDem serta Pak Jamal. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah. Terima kasih Pak Surya Paloh dan Pak Zaini Djalil,” katanya dengan mulut bergetar, ia sekuat tenaga membendung tangis.

***
Kepada aceHTrend Zaini Djalil mengatakan pemberangkatan jamaah umrah tersebut semuanya dibiayai dengan dana pribadi Surya Paloh. Dari kalangam ulama senior ada Abu Lamkawe, Abu Keuniree, Abon Asnawi dan beberapa orang lainnya. Juga dibawa serta pimpinan dayah, pengurus mesjid hingga marbot. Total 93 orang dari 100 yang direncanakan.

Para jamaah umrah itu akan berangkat ke tanah suci pada Minggu (31/3/2019) melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Transit di Kuala Lumpur dan kemudian menuju Jeddah.

Dalam tausyiahnya Abu Lamkawe mengingatkan pentingnya berbuat baik. Sedekah umrah dari Surya Paloh merupakan sebuah perbuatan baik.

“Dalam berbuat baik, kita jangan berharap balasan kebaikan akan dilakukan oleh orang yang kita bantu. Ada juga manusia yang setelah dibantu justru menikam. Tapi percayalah semua kebaikan akan dibalas oleh Allah dari arah yang tidak kita duga,” ujar Abu Lamkawe.

KOMENTAR FACEBOOK