Hari Ini Ada Festival Khanduri Laot di Sabang, Ini Agendanya

Daging yang dimasak dengan nangka di dalam kuali besi atau lazimnya di Aceh disebut kuah beulangong @acehkita.com/KHITHTHATI

ACEHTREND.COM, Sabang – Aceh mempunyai banyak tradisi dan budaya yang menarik untuk diikuti. Salah satunya tradisi masyarakat pesisir ialah khanduri laot yang kini dijadikan sebagai Festival Khanduri Laot.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu-Minggu, 30 Maret-1 April 2019 di Dermaga CT-3 BPKS, Kota Sabang. Festival ini menyediakan 15 ribu nasi bungkus yang siap dihidangkan untuk masyarakat maupun para wisatawan.

Tahun ini, tema yang diangkat untuk Festival Khanduri Laot adalah “Dari Sabang untuk Indonesia”. Kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang dikemas sebagai atraksi budaya dan telah menjadi agenda tahunan bagi Pemko Sabang.

Melalui event ini diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah yang terkenal dengan wisata baharinya itu. Sejalan dengan itu diharapkan bisa berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat.

Acara ini akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan seperti lomba masak kuah beulangong, lomba dayung perahu naga, pentas pesona budaya tradisi pesisir, kenduri untuk aulia 44 dan anak yatim, serta dialog budaya dan silaturahmi dengan Panglima Laot se-Aceh. Selain itu juga ada dike atau zikir Aceh dan pameran produk kerajinan masyarakat.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK