Menyiapkan Pemuda Masa Depan

Ilustrasi dikutip dari NUonline.

Oleh Attariq Husin*)

Siapa sih pemuda ? orang yang candu narkoba? pecandu seks bebas? Penyuka tawuran? Atau orang yang ngetrend di dunia maya karena maksiat yg diperbuatnya?

Tidak, pemuda adalah pemegang estafet bangsa ini, rahasia kekuatan ummat, tiangnya kebangkitan, kebanggaaan, pengharapan dan kemuliaan.

Namun sayang berbangkai sekarang melihat gelagat fenomena jaman now, lumut-lumut penutup jalan, yang kotor pikirannya, yang menjijikan tingkah lakunya dan bejat kelakuannya.

Saat ini adalah waktu yang sangat tepat untuk kita melakukan perbaikan atas segala permasalahan di atas agar tidak bertambah lagi ke depannya. Mari kita membuka mata dan menyiram hati, mungkinkah akan ada generasi harapan 10 tahun yang akan datang?

Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dan kerja maksimal dalam waktu yang berkepanjangan untuk membangun generassi sejati pembawa perubahan penerus bangsa, pemegang dasar pembangunan, sebagai pemegang estafet kepemimpinan.

Bukankah umat Islam adalah umat yang paling sempurna di sisi Allah? Tapi, bisakah pembangunan dilaksanakan sementara degradasi moral terus menekan? Tentu tidak, oleh karena itu penulis mengajak melakukan perbaikan dengan metode dakwah, baik mengajak keluarga, teman, masyarakat maupun umat dan khususnya dalam ilmu agama sebagai pondasi dan benteng dalam menghadapi tantangan zaman.

Dengan keberadaan pemuda yang yang bermoral dan beriman kuat, maka kita akan mempunyai aset pemimpin yang jujur yang dapat dipercayai dan bertanggung jawab atas amanah yang dititipkan padanya.

Oleh sebab itu kita harus menanamkan ilmu agama kepada para pemuda. Agar kelak mereka menjadi pemimpin yang dapat dipercaya dalam kepemimpinnanya. Dengan adanya pendidikan agama tersebut diharapkan dapat terwujudnya generasi-generasi muda berakhlak mulia dalam membangun umat dan bangsa.

*)Penulis adalah santri Dayah Asbabul Qur’an, Kabupaten Simeulue. Peserta pelatihan jurnalistik Dinas Dayah Aceh pada akhir Februari 2019.

KOMENTAR FACEBOOK