Sabang Siap Dipromosikan sebagai Kota yang Bersih dan Aman

@aceHTrend/Yelli Sustarina

ACEHTREND.COM, Sabang – Staf Khusus Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Bidang Percepatan Calendar of Event, Tasbir Abdullah, mengatakan Sabang tempat yang aman dan bersih. Hal itu disampaikan Tasbir saat memberi sambutan sekaligus membuka Festival Khanduri Laot di Sabang, Sabtu (30/3/2019).

“Sabang ini perlu dipromosikan sebagai daerah teraman karena orang tidak perlu merasa waswas. Selain itu, kotanya juga bersih dan nyaman. Biasanya ke mana-mana saya promosikan Bupati Banyuwangi karena daerahnya yang bersih, tapi sekarang perlu saya angkat nama wali kota Sabang yang telah bertanggung jawab menjaga kotanya tetap bersih,” ujar Tasbir Abdullah.

Acara yang berlangsung di Dermaga CT-3 BPKS Sabang itu dihadiri oleh berbagai macam kalangan masyarakat, instansi pemerintahan, wisatawan domestik, dan mancanegara. Sebelumnya berbagai atraksi, seperti rapai sapa jameedikeu maulid, dan tarian troen u laot turutmemeriahkan acara pembukaan ini.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi troen laot yang didahului dengan peusijuek atau tepung tawar dan doa. Selain itu juga ada atraksi paralayang yang mengitari laut Sabang dengan membawa tulisan Khanduri Laot 2019.
Diiringi dengan syair-syair Aceh yang mengisahkan bagaimana nasib seorang pelaut berjuang untuk mencari rezeki untuk keluarganya.

Beberapa lelaki dewasa mempertunjukkan atraksi menangkap ikan dengan jaring dan tombak. Pertunjukan ini membuat para penonton terpukau melihatnya.

Tradisi khanduri laot sudah berlangsung sejak lama. Namun, dijadikan festival baru sejak dua tahun yang lalu. “Kita berharap dengan adanya festival ini dapat meningkatkan hubungan sosial dalam bermasyarakat dan menjadi penampilan menarik bagi wisatawan yang hadir kemari,” ujar Wali Kota Sabang, Nazaruddin.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK