Semarak Pemilu Serentak 2019, KIP Banda Aceh Gelar Lomba Kreasi Pentas Seni

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Menjelang pemilu serentak 17 April mendatang, berbagai cara dilakukan untuk menyemarakkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Salah satunya oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh yang menggelar lomba Kreasi Pentas Seni bagi pemilih pemula pelajar se-Kota Banda Aceh di Taman Putroe Phang, Minggu, 31 Maret 2019.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih KIP Banda Aceh, Yusri Razali, mengatakan perlombaan tersebut merupakan bentuk konkret komitmen KIP Banda Aceh dalam menjaring pemilih partisipasi masyarakat terutama pemilih pemula di Kota Banda Aceh.

“Kreasi Pentas Seni kita laksanakan dalam rangka menyukseskan pemilu serentak 17 April mendatang dengan memberi ruang seluas-luasnya kepada masyarakat umum, khususnya pemilih pemula untuk dapat berpartisipasi,” ujar Yusri.

Menurut komisioner muda ini, dirinya optimis partisipasi masyarakat pada pemilu serentak 2019 di Kota Banda Aceh akan meningkat.

“Partisipasi masyarakat penting dalam proses demokrasi, semakin tinggi partisipasi pemilih menjadi parameter suksesnya pemilu yang akan berdampak pada legitimasi penyelenggaraan pemilu terutama di kota Banda Aceh,” kata Yusri.

Yusri menambahkan, pemilihan tarian rapai geleng untuk diperlombakan adalah sebagai salah satu tarian yang merepresentasikan identitas budaya masyarakat Aceh sekaligus ikut melestarikan budaya indatu. Ia berharap ajang perlombaan ini mampu membawa nuansa positif menjelang hari pencoblosan 17 April mendatang.

“Kita ingin menjadikan perlombaan ini ajang kreativitas bagi pelajar dalam menampilkan identitas budayanya agar tidak tergerus zaman, serta mampu menumbuhkan kesadaran positif, terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Yusri.

Kegiatan perlombaan pentas seni rapa’i geleng ini diikuti oleh 11 grup sanggar tingkat pelajar yang ada di Kota Banda Aceh juga disiarkan secara langsung oleh RRI Pro 4 Banda Aceh.

“Kita juga berterima kasih kepada RRI Banda Aceh yang sudah ikut berpartisipasi dalam menyosialisasikan tahapan-tahapan pemilu 2019 dan RRI terus berperan dalam mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada hari pemungutan suara 17 April 2019 mendatang,” pungkas Yusri.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK