KIP Abdya Mulai Sosialisasikan Putusan MK Terkait Pindah Memilih

Ilustrasi @Radar Bojonegoro

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menyosialisasikan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia nomor 20/PUU-XII/2019, terkait pengurusan pindah memilih bagi masyarakat pada pemilu 17 April 2019.

Kepala Divisi Program dan Data KIP Abdya, Martono, mengatakan terkait putusan MK tersebut, calon pemilih diberi waktu pengurusan tujuh hari sebelum tanggal 17 April 2019.

“Dengan adanya putusan MK, maka hari ini kita langsung bergerak untuk memasang spanduk berisi pengumuman bagi warga Abdya yang ingin pindah memilih ke tempat lain dengan keadaan tertentu,” ungkap Martono yang didampingi Kasubbag Data, Yuyun Arizal, di ruang kerjanya, Selasa (2/4/2019).

Putusan itu kata dia untuk mengakomodir pemilih dengan keadaan tidak terduga di luar kemampuan dan kemauan pemilih, baik itu sakit, tertimpa bencana alam, menjadi tahanan karena melakukan tindak pidana, atau menjalankan tugas pada saat hari pencoblosan.

“Selain orang sakit, yang mendampingi orang sakit itu juga bisa mengajukan pindah memilih. Kemudian untuk bencana alam, bagi mereka yang telah mengungsi ke tempat lain termasuk bagi mereka yang sedang bertugas pada saat hari pencoblosan bisa mengajukan pindah tempat memilih yang dibuktikan dengan surat tugas,” jelasnya.

Martono memaparkan, spanduk putusan MK tersebut akan dipasang di setiap kecamatan dalam Kabupaten Abdya, termasuk pada sejumlah tempat umum lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat. Dengan begitu masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengurusan pemindahan tempat memilih tergantung kondisi tertentu.

Martono mengatakan, Data Pemilih Tambahan (DPTb) akan diperpanjang hingga 10 April 2019 mendatang. Berdasarkan hasil pleno tanggal 19 Maret 2019 lalu, Data Pemilih Tetap (DPT) Abdya saat ini berjumlah 101.905 orang sudah termasuk Data Pemilih Khusus (DPK). Selain itu, di dalamnya juga ada data pemilih yang pindah ke Abdya berjumlah 307 orang dan 303 orang pindah ke luar Abdya.

“Kemungkinan pada hari ini KIP akan melakukan pleno internal peralihan DPT dari DPT hasil perbaikan (HP) 2 menjadi DPT HP 3 setelah adanya rekomendasi dari Panitia Pengawas Pemilihan setempat. Meski diplenokan nanti, jumlah DPT masih tetap sebanyak 101.905 orang yang tersebar di 427 tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah laki-laki sebanyak 50.629 dan 51.276 perempuan,” pungkas Martono.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK