Abdya Fokus Kembangkan Sektor Perkebunan

Wabup Muslizar MT @acehtrend/Masrianizani.

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus berupaya meningkatkan hasil produksi perkebunan petani dengan cara mendorong para petani dan menyalurkan bibit-bibit komoditas unggulan secara gratis. Selain komoditas padi, sektor perkebunan juga menjadi sektor unggulan di daerah yang dijuluki Nagari Breuh Sigupai itu.

“Kita selain sektor pertanian padi, sektor perkebunan juga merupakan sektor unggulan di Abdya. Maka di tahun 2019 ini kita fokuskan peningkatan terhadap sektor ini,” ujar Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Rabu (3/4/2019).

Muslizar mengatakan, upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan produksi perkebunan tersebut dilakukan dengan dua cara, yakni membuka akses jalan ke kebun-kebun masyarakat di kawasan pengunungan dan menyalurkan bibit bantuan untuk para petani.

Bibit-bibit bantuan tersebut disalurkan pemerintah daerah melalui bidang perkebunan Abdya berupa bibit pinang unggul, bibit jengkol, bibit kelapa sawit, bibit lada, dan bibit unggul kopi jenis robusta.

Berdasarkan data yang dihimpun awak media, Pemkab Abdya tahun 2019 ini melakukan pengadaan bibit pinang unggul dengan jumlah besar, yakni mencapai 500 ribu batang, bibit jengkol sekitar 45 ribu batang, dan bibit sawit sekitar 30 ribu batang. 

Semua bibit unggul yang dibeli dengan menggunakan anggaran daerah tersebut akan disalurkan secara gratis kepada kelompok-kelompok tani yang memiliki lahan kosong di sembilan kecamatan di Abdya.

“Di Abdya masih banyak lahan kosong di kawasan pegunungan yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh petani, lantaran mereka terkendala dengan akses jalan dan tidak tersedianya bibit-bibit unggul untuk mereka tanam,” jelas Muslizar.

Ia meminta kepada seluruh petani yang memiliki lahan kosong agar segera mengajukan permohonan dalam bentuk proposal untuk mendapatkan bibit-bibit komoditas unggulan tersebut kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan Abdya agar petugas bisa langsung turun kelapangan untuk dilakukan verifikasi calon penerima/calon lahan (CP/CL).

“Tahun depan kita juga memprogramkan pembangunan infrastruktur jalan di kawasan pegunungan Abdya. Pembangunan jalan yang kita wacanakan itu nantinya bisa terhubung ke setiap kecamatan, sehingga hasil produksi perkebunan mudah untuk dipasarkan,” terang Muslizar.

Secara terpisah, Kepala Bidang Perkebunan di Dinas Pertanian Abdya, Azwar, saat dikonfirmasi awak media mengatakan bila ia bersama petugas lain sejak sebulan lalu sudah mulai turun ke gampong-gampong untuk proses verifikasi penerima bantuan bibit.

“Sudah sebulan ini petugas kita tiap hari turun lapangan untuk melakukan CP/CL penerima bibit-bibit komoditas bantuan itu. Jenis bibit yang nantinya ini kita salurkan ke petani kita sesuaikan dengan kondisi lahan para petani,” ujar Azwar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK